Breaking News
---

BMKG Prediksi Musim Kemarau Berakhir November

Badan Meteorologi, Klimatologi  dan Geofisika  (BMKG) memprediksi, menjelang penghujung tahun ini diprakirakan kondisi hujan mulai normal di sebagian besar wilayah Indonesia.

Foto ilustrasi: Kekeringan

"Kalau dilihat dari pantauan radar dan cintra satelit, kemungkinan hujan di sebagaian besar di kita, khususnya wilayah Jawa, Bali dan NTT itu akan mulai terjadi pada November dan normalnya pada  Desember mendatang," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dikutip dari siaran persnya. Sabtu, (07/10/2023).

Dijelaskan Dwikorita Karnawati, bahwa puncak El Nino masih akan bertahan hingga akhir Oktober. Menurut dia, transisi dari kemarau ke musim hujan akan terjadi pada bulan November.

"Alhamdulillah karena adanya angin monsun dari arah Asia sudah masuk ini mulai November, jadi kita akan insyaallah mulai turun hujan di bulan November," jelasnya.

Dengan kondisi itu, dia berharap kemarau kering yang terjadi di Indonesia dapat berakhir. Dwikorita menyebut kemarau kering di beberapa daerah akan berakhir pada sebelum November, namun ada yang lebih lama lagi.

"Artinya pengaruh El Nino akan mulai tersapu oleh hujan sehingga diharapkan kemarau kering itu insyaallah berakhir secara bertahap, ada yang sebelum November tapi sebagian besar mulai November, ada yang lebih mundur lagi," jelasnya.(**)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan