Breaking News
---

Buka Muscab IPSI, Bupati Cirebon Bernostalgia Tentang Silat

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Cirebon, menggelar Musyawarah Cabang (Muscab), sekaligus pelantikan pengurus IPSI Kabupaten Cirebon, periode tahun 2023-2027.

Buka Muscab IPSI, Bupati Cirebon Bernostalgia Tentang Silat
Buka Muscab IPSI, Bupati Cirebon Bernostalgia Tentang Silat

Bupati Cirebon, Imron yang hadir dalam kegiatan tersebut, bercerita tentang pengalamannya berlatih pencak silat.

Menurut Imron, pencak silat bukan merupakan olahraga yang asing bagi dirinya. Karena sejak kecil, mantan Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon ini, sudah berlatih pencak silat.

"Saya dari kecil sudah kenal pencak silat, karena bapak saya pelatih pencak silat. Saya juga ikut berlatih," kata Imron, Jumat (27/10/2023).

Bukan hanya itu, Imron juga mengisahkan perjalanan pengalamannya terkait pencak silat, saat dirinya melanjutkan pendidikan ke pondok pesantren.

Kata Imron, ia berlatih lebih intensif tentang silat, saat ia mengenyam pendidikan disalah satu pesantren di Tegal Gubug, sekitar tahun 1980.

"Tegal gubug itu seperti Desa Shaolin, karena banyak yang ahli silat," kata Imron.

Imron juga mengatakan, bahwa pada tahun 1960-1970, kediaman keluarganya tidak pernah dikunci. Selain orangtuanya memang jarang tidur malam, juga karena faktor terkenal sebagai jawara.

"Jadi nggak ada yang berani mencuri," kata Imron.

Namun Imron mengaku miris, karena saat ini pencak silat mengalami penurunan. Hal itu dilihat dari banyaknya lokasi yang dulu menjadi pusat silat, sudah tidak beroperasi lagi.

Begitu juga di daerah Tegal Gubug yang sebelumnya sangat terkenal dengan daerah jawara dan ahli silat, sudah cukup kesulitan menemukan latihan silat.

"Saya ke Tegal Gubug, ternyata juga pencak silatnya sudah mulai tidak ada," kata Imron.

Oleh karena itu, ia berharap kepada pengurus IPSI Kabupaten Cirebon, untuk kembali mengenalkan dan melestarikan pencak silat di Kabupaten Cirebon. Pihaknya juga siap untuk bekerjasama dengan IPSI, untuk mengangkat potensi-potensi pencak silat di Kabupaten Cirebon.

"Nanti siapa yang terpilih jadi ketua, silakan bisa langsung berkoordinasi dengan kami (Pemkab Cirebon)," ujar Imron.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan