Kampung Bras Basah, tiba-tiba gempar karena kehadiran toko 'La Luna'. Toko itu menjual pakaian dalam perempuan (lingerie) di kampung yang terkenal sangat religius.

Film 'La Luna', Kisah Ironi dalam Balutan Komedi
Film 'La Luna', Kisah Ironi dalam Balutan Komedi

Warga yang semula risih dengan kehadiran 'La Luna', mulai menerima dan antusias belanja, terutama kaum perempuannya. Kepala Kampung yang konservatif dan religius tidak senang melihatnya dan melakukan berbagai cara untuk menutup toko 'La Luna'.

Konflik pun tak terhindarkan, warga mulai kesal dengan sikap Kepala Kampungnya yang memaksakan aturan sesuai keinginannya sendiri. Tapi akhirnya konflik itu mengungkap hal yang selama ini tak terbayangkan oleh warga Kampung Bras Basah.

Begitulah kisah film 'La Luna', film produksi Malaysia yang tampil dalam Jakarta Film Week pekan ini. Di Malaysia sendiri 'La Luna' baru akan diputar di bioskop pada 6 Desember 2023.

'La Luna' mengangkat cerita yang dekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Utamanya kehidupan masyarakat yang hidup di lingkungan konservatif dan religius.

"Tapi kami menyampaikannya dengan gaya komedi. Sehingga penonton bisa lebih memahami dan menerima pesan dalam film ini," kata Sutradara La Luna M. Raihan Halim dalam keterangan pers usai pemutaran film, Sabtu (28/10/2023).

Meski film komedi, 'La Luna' menyampaikan pesan yang dalam tentang ironi yang seringkali kita lihat di tengah masyarakat. Menonton 'La Luna', seperti menertawakan ironi itu sendiri.

Film ini sekaligus mengingatkan bahwa perubahan yang baik dimulai dari sikap masyarakatnya sendiri. Keberanian dan cara kreatif sineas Negeri Jiran mengangkat persoalan masyarakat ini patut diacungi jempol. 

Apalagi proses pembuatan film ini butuh waktu cukup panjang, 10 tahun. Itu menurut penjelasan produsernya Asra Aman. 

"Kami melakukan perubahan skenario beberapa kali agar tidak dianggap vulgar, belum lagi harus menghadapi lembaga sensor. Tapi, kami mencoba meyakinkan bahwa film yang kami buat ini layak ditonton masyarakat," kata Asra.

'La Luna' dibintangi oleh aktris terkenal Malaysia Sharifah Amani dan Shaheizy Sam. Akting keduanya dalam film ini sebagai tokoh sentral, juga pantas mendapat pujian.

'La Luna' menjadi film yang direkomendasikan buat penggemar film bergenre komedi dengan cerita berkulitas. Tapi harus masih  menunggu penayangannya pada 6 Desember 2023 mendatang.

Sebagai catatan, Jakarta Film Week berlangsung dari tanggal 25-29 Oktober 2023. JFW menghadirkan 133 film dari 44 negara, di antaranya film-film Malaysia.(*)