*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Hari Pangan Sedunia di Musim Kemarau, Air Jadi Fokus Permasalahan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gingin Ginanjar dalam momen peringatan hari Pangan sedunia menyatakan bahwa fokus permasalahan saat ini secara umum adalah air. Mengingat saat ini kekeringan akibat El Nino, membuat lahan pertanian terdampak.(!5/10/23).

Foto: Tandur kurang air

"Air sangat menentukan terhadap produksi jadi kalau untuk di kota Bandung juga walaupun kita tidak punya potensi lahan pertanian banyak tapi kita melihat dan rasakan betul bahkan beberapa hari yang lalu kita melakukan salat istisqa dengan para petani kota Bandung tepatnya di ujung Berung," ujar Gingin.

Foto: petani kesulitan air

Gingin menambahkan, saat ini di beberapa tempat mengalami kekeringan dan mengakibatkan penurunan produksi bahkan beberapa gagal panen. Namun, secara umum di kota Bandung tidak terlalu terpengaruh terhadap produknya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gingin Ginanjar

Selain lahan yang terbatas petani di kota Bandung cukup mampu mengantisipasi kondisi ini jauh-jauh hari, ada kegagalan tapi tidak mengganggu secara keseluruhan untuk produksi di tingkat petani Kota Bandung.

Foto : waduk kekeringan

"Kita juga sedang menyusun sebuah Perda tentang pelayanan pangan pertanian salah satunya mengatur tentang bagaimana ketahanan pangan atau produksi pangan ini ditentukan oleh petani. Jadi itu juga menjadi fokus kita bagaimana produktivitas lahan pertanian dengan dukungan sarana prasarana infrastruktur termasuk jaringan irigasi." tutupnya.(*)

Komentar0