Breaking News
---

Ini Dia Asal-Usul Nama 'Whoosh', Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menceritakan asal usul 'Whoosh',  yang dijadikan sebagai nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Menhub mengatakan, penamaan tersebut bermula dari perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno. 

'Whoosh', Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Presiden memerintahkan agar diadakan lomba logo dan nama untuk moda transportasi terbaru tersebut. Kemensekneg melibatkan orang-orang yang bekerja di bidang kreatif. 

10 Orang dinominasikan memiliki kapasitas untuk membuat desain logo kereta cepat dalam waktu dua minggu. Namun, dialektika di lapangan mengubahnya. 

"Bapak Presiden bilang beberapa kali masyarakat menyebut was wus was wus. Kemudian, suatu hari Presiden bilang, apa tidak bagus itu Whoosh?". kata Menhub dalam keterangan di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023).

Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat Operasional Optimal Sistem Hebat. Ini terinspirasi dari suara lesatan dari kereta yang berkecepatan tinggi. 

"Yang unik adalah dialektika di lapangan dengan Presiden bilang 'Whoosh bagus ya kita dengar di lapangan'. Dan para desainer ini juga kooperatif sehingga bisa dilakukan (penamaan) dengan pendek jadi kita pilih nama Whoosh," kata Menhub. 

Pemerintah menggratiskan tarif kereta cepat sejak September hingga pertengahan Oktober ini. Nantinya, tarif kereta cepat akan diputuskan berkisar Rp 250 ribu hingga Rp350 ribu. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan