Minyak zaitun sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk perawatan kulit dan kosmetik. Manfaat minyak zaitun untuk kulit dikaitkan dengan sifat antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasinya yang dapat membantu mengelola kondisi kulit. Anda dapat memperoleh manfaat minyak zaitun, tapi harus memperhatikan pula efek sampingnya.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah


Kenali Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Minyak zaitun adalah minyak yang dihasilkan dari buah zaitun. Minyak zaitun dikenal karena manfaat kesehatannya yang luar biasa. Sebagai bahan perawatan kulit, minyak zaitun dapat menghidupkan kembali kulit yang kusam. Karena itulah para ahli kulit banyak memakai minyak zaitun untuk perawatan kulit. Minyak zaitun hadir dengan segudang manfaat untuk setiap jenis kulit. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah:

1. Memperlambat proses penuaan

Minyak zaitun sarat dengan antioksidan seperti squalene dan asam oleat. Minyak ini juga mengandung flavonoid, vitamin E, dan polifenol. Semua kandungan itu dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan memperlambat proses penuaan. Ini salah satu manfaat minyak zaitun terbesar untuk kulit.

2. Menghapus riasan

Ini juga salah satu manfaat minyak zaitun yang paling penting untuk kulit. Pakar kulit modern merekomendasikan penggunaan bahan organik untuk menghapus riasan alih-alih bahan kimia yang lebih berbahaya untuk kulit. Minyak zaitun dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghapus bekas maskara dan eyeliner yang tebal.

3. Melindungi dan melembapkan kulit sensitif

Minyak zaitun memiliki berbagai kandungan nutrisi serta pelembap yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat. Kandungan ini disebut amat bermanfaat terutama bagi mereka yang memiliki kulit bertipe kering.

4. Mengurangi flek hitam dan noda

Manfaat minyak zaitun juga dapat mengatasi bintik hitam dan noda dengan cara membersihkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang tersumbat. Selain itu, komponen vitamin E dan K dalam minyak zaitun bisa menghaluskan bekas luka pada wajah.

5. Mengobati kulit terbakar

Sifat antioksidan minyak zaitun yang kuat dapat memulihkan kulit yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet. Manfaat minyak zaitun yang dapat memperbaiki sel-sel kulit secara alami ini bisa diperoleh dengan penggunaan rutin.

Apakah Boleh Memakai Minyak Zaitun untuk Wajah Setiap Hari?

Secara umum, minyak zaitun boleh digunakan untuk wajah setiap hari. Namun bagi yang memiliki wajah bertipe sensitif dan mudah berjerawat, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Manfaat minyak zaitun memang paling sering didapatkan dari pengaplikasian pada wajah dengan cara dioles. Untuk memperoleh manfaat lebih besar, gunakan minyak zaitun jenis extra virgin.

Minyak zaitun extra virgin tidak banyak melewati pemrosesan. Itu sebabnya kandungan-kandungan yang bermanfaat di dalamnya seperti vitamin dan antioksidan bisa dipertahankan dan tidak banyak hilang dalam pemrosesan. Karena itu, jenis minyak zaitun ini adalah yang paling menyehatkan dibanding jenis minyak zaitun biasa. (*)