*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Karhutla di Kabupaten Cirebon Kembali Terjadi

Kejadian kebakaran lahan di Kabupaten Cirebon kembali terjadi. Kali ini Kelurahan Tukmudal Perumahan Taman Tukmudal Indah Kecamatan Sumber. (16/10/23).

Karhutla di Kabupaten Cirebon Kembali Terjadi

"Pada hari Minggu pukul 12.22 WIB, kamu menerima laporan dari WAG Pusdalops BPBD dari Danpos Sumber bahwa telah terjadi kebakaran lahan di Perumahan Taman Tukmudal Indah. Tim BPBD mengerahkan 4 personil ke lokasi kejadian dengan kordinasi Damkar Sumber dan warga sekitar," kata Korlap Pusdalops BPBD Kabupaten Cirebon, Faozan. Minggu (15/10/2023).

Ia menyebutkan dampak  yang ditimbulkan dari kebakaran itu diperkirakan lahan yang terbakar 5 hektar. "Kondisi mutakhir api sudah padam," ujar Faozan.

Sementara kebakaran hutan juga terjadi lagi tepatnya di Gunung Nawa, Gunung Goong dan Curug Gentong, Desa Cipanas Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon.

"Terjadi lagi sudah 3 hari 3 malam kebakaran belum padam-padam," ucap salah satu warga Desa Cipanas, Jaja yang turut membantu pemadaman api bersama pihak kehutanan.

Karhutla di Kabupaten Cirebon Kembali Terjadi

Ia mengaku tim BPBD ikut turun ke lokasi namun kemudian sudah kembali ke markas di Sumber, yang mana masih bertahan di lokasi dirinya dan keempat petugas kehutanan. Mengingat ada lokasi lagi yang terbakar yaitu Gunung Bendera.

"Saya dan tim melihat kebakaran ini penyebabnya diduga karena sengaja dibakar oleh tiga pemuda dan oknum berhasil lolos dari pengejaran," ujarnya.

Menurutnya berdasarkan pengamatan pihak kehutanan luasan area hutan yan terbakar itu mencapai 20 hektar.

"Upaya pemadaman kebakaran yang dilakukan secara manual dengan membuat parit lagi karena lokasi berupa tebing," kata Jaja.(*)


Komentar0