Breaking News
---

Kemendagri: 50 Kota Alami Inflasi di Atas Nasional

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merilis angka inflasi 90 kota pada minggu keempat September 2023. Sebanyak 50 kota alami inflasi di atas nasional atau 2,28 persen.

Kemendagri: 50 Kota Alami Inflasi di Atas Nasional

"Yang di atas 2,28 berarti di atas rata-rata nasional," ucap Irjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir, Jumat (6/10/2023).

Tomsi menyebutkan sebagian kota tersebut berada di Pulau Jawa. Beberapa di antaranya tercatat merupakan kota yang kerap alami inflasi di atas nasional.

Seperti Yogyakarta, Probolinggu, Surabaya, Banyuwangi, Cirebon, dan Tegal. Kemudian Jember, Bogor, Surakarta, Sukabumi, dan Cilacap.

Lalu ada Kudus, Kediri, Cilegon, Bekasi, Semarang dan Bandung. Tomsi mengatakan kota-kota di Jawa mempunyai keterikatan perdagangan sebab masih berada dalam satu Pulau, sehingga perlu diwaspadai.

"Yang dekat pulau Jawa, Yogyakarta atau yang di Pulau Jawa, Yogyakarta, Probolinggo, Surabaya. Ini Surabaya langganan terus nih Surabaya, kemudian ada Banyuwangi, Cirebon, Tegal, Jember, Bogor juga langganan terus tinggi," ucapnya.

Lebih lanjut ia juga meminta daerah di Timur Indonesia menjadi perhatian bersama. Utamanya kota-kota yang lokasinya berada dalam satu pulau.(*)


Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan