Breaking News
---

Kemensos Gelar Operasi Katarak Gratis untuk Keluarga Prasejahtera

Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Yayasan Peduli Amal Peduli Kasih (YPP) SCTV menggelar operasi katarak gratis untuk keluarga prasejahtera. Kegiatan ini juga didukung oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Dinas Kesehatan daerah setempat.

Kemensos Gelar Operasi Katarak Gratis untuk Keluarga Prasejahtera


Plt Kepala Biro Humas Kemensos, Supomo, mengatakan, Operasi katarak kali ini menyasar warga Kabupaten dan Kota Bogor Jawa Barat. Sekira 1300 orang yang mendaftar, namun hanya 335 orang yang lolos pemeriksaan awal atau skrining.

"Yang daftar 1300 an (orang), tapi yang lolos skrining atau yang memenuhi syarat operasi 335 orang. Gak lolosnya karena kadar gulanya tinggi dan lain sebagainya, sehingga belum bisa dilakukan operasi," kata Supomo di Kantor Kemensos, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Operasi katarak ini, lanjut Supomo, akan digelar selama tiga hari yaitu 25, 27 dan 29 Oktober 2023. Operasi dilakukan di dua tempat, yaitu di Klinik Mata Ainun Kota Bogor dan RSUD Ciawi Kabupaten Bogor.

Menurut Supomo, sepanjang tahun 2023 Kemensos telah melakukan operasi katarak gratis kepada lebih dari 5000 pasien. Adapun pasien yang ditangani bukan hanya dari kalangan lansia, namun juga dari kalangan anak-anak.

"Selama satu tahun ini sudah lebih 5000 (pasien) di seluruh Indonesia. (Pasiennya) bukan hanya lansia, tapi juga ada anak lima tahun seperti di Kediri, dua anak dan ibunya katarak," ujar Supomo (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan