Breaking News
---

Koramil 1709 Rajagaluh dan Komunitas Jeep Willys Bersihkan Sungai

Prajurit TNI bekerja sama dengan komunitas Jeep Willys Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, turun membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai Ciputeri.

Menurut Dandim 0617 Majalengka, Letkol Inf Danang Biantoro melalui Danramil 1709 Rajagaluh, Kapten Inf Maman Kardiman, bahwa kegiatan Jumat Bersih ini merupakan wujud nyata dari keterlibatan TNI dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk perayaan HUT ke-78 TNI, di mana TNI tidak hanya berperan dalam pertahanan negara, tetapi juga peduli terhadap lingkungan sekitar," ungkap Kapten Inf Maman Kardiman, Jumat (6/10/2023).

Danramil menyebut, bahwa kegiatan Jumat Bersih ini dimulai dengan pembersihan aliran sungai Ciputeri dari berbagai jenis sampah, terutama sampah-sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai.

Para anggota Koramil 1709/Rajagaluh dan anggota komunitas Jeep Willys Rajagaluh bergotong-royong membersihkan sampah-sampah yang telah mencemari sungai selama ini. 

Berbekal dengan alat sederhana, sampah-sampah yang didapat saat menyusuri sepanjang ruas aliran sungai tersebut dikumpulkan dalam karung dan kantong plastik berukuran besar.

Selain pembersihan sungai, imbuhnya, kegiatan ini juga mencakup penanaman pohon di sekitar mata air Ciputeri. Penanaman pohon dilakukan sebagai upaya untuk menghijaukan area tersebut dan menjaga kelestarian lingkungan.

Prajurit TNI bekerja sama dengan komunitas Jeep Willys Rajagaluh, Kabupaten Majalengka,

"Penanaman pohon adalah langkah konkrit dalam menjaga ekosistem mata air Ciputeri. Dengan menjaga ekosistem ini, kita juga menjaga ketersediaan air bersih yang sangat penting bagi kehidupan," kata Danramil.

Lebih lanjut, Danramil mengatakan, bahwa kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lain untuk peduli terhadap lingkungan dan aktif dalam menjaga kebersihan serta kelestarian alam.

Peringatan HUT ke-78 TNI penuh makna dengan diisi sejumlah kegiatan positif lainnya. Melalui kegiatan Jumat Bersih ini memberikan pesan bahwa TNI bukan hanya sebagai garda terdepan dalam pertahanan negara, tetapi juga sebagai mitra dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

"Semangat gotong-royong dan kepedulian terhadap alam merupakan esensi dari kegiatan Jumat Bersih di tengah momen HUT ke-78 TNI. Hal ini adalah wujud nyata dari semangat bhakti TNI kepada masyarakat dan negara serta menjadi bagian integral dari tugas dalam mendukung pembangunan," tegas Danramil 1709 Rajagaluh. (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan