Breaking News
---

KPK Resmi Tetapkan SYL Sebagai Tersangka

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi mengumumkan status tersangka untuk Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyono. Dia langsung ditahan usai pengumuman itu dicetuskan ke publik.

Menteri SYL

"Menahan tersangka KS (Kasdi Subagyono) untuk 20 hari pertama terhitung 11 Oktober 2023 sampai dengan 30 Oktober 2023," kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 11 Oktober 2023.

Kasdi terjerat dalam kasus dugaan korupsi secara bersama-bersama menyalahgunakan kekuasaan dengan memaksa memberikan sesuatu untuk proses lelang jabatan termasuk ikut serta dalam pengadaan barang dan jasa disertai penerimaan gratifikasi di Kementan.

Dia bakal mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) KPK selama masa penahanan pertamanya ini berlangsung. Upaya paksa itu bisa ditambah penyidik untuk kepentingan penyidikan.

"Untuk kebutuhan penyidikan," ucap Johanis.

KPK sejatinya menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini. Sisanya yakni mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Muhammad Hatta.

"SYL (Syahrul Yasin Limpo) dan MH (Muhammad Hatta) mengonfirmasi tidak bisa hadir, untuk itu kami ingatkan kooperatif dan segera hadir memenuhi panggilan tim penyidik KPK," ujar Johanis.

KPK menegaskan memiliki bukti kuat dalam perkara ini. Salah satunya yakni uang Rp30 miliar, dan Rp400 juta yang ditemukan penyidik di lokasi berbeda.

KPK sejatinya mengategorikan kasus ini menjadi tiga klaster. Pertama yakni terkait dugaan pemerasan dalam jabatan dalam Pasal 12 e dalam Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Kedua yakni dugaan penerimaan gratifikasi. Terakhir, yakni dugaan pencucian uang yang dilakukan salah satu tersangka. (*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan