Breaking News
---

Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Para penderita diabetes berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (17/10/23).

Makanan ini direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Diabetes bisa disebabkan karena meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh.

Beberapa faktor atau kebiasaan serta pola dan porsi makan yang tidak baik dapat menaikkan gula darah kalim, karena kelebihan karbohidrat. 

Atau bisa juga disebabkan karena terlalu banyak kalori dalam tubuh.

Jika kadar gula darah dalam tubuh berlebih, maka risikonya Anda akan mengalami kenaikan berat badan. 

Selain itu, tekanan darah tinggi yang berujung pada diabetes.

Untuk itu peningkatan gula darah harus segera diatasi. 

Salah satu cara mengontrol gula darah dalam tubuh yakni dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat. 

Ini 5 jenis makanan yang ampuh menurunkan kasar gula darah kalian.

1. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah, yang sangat bermanfaat membantu mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Selain itu, ubi jalan juga direkomendasikan sebagai makanan bagi yang sedang menjalani program diet.
Foto : Singkong di kebun

2. Roti Gandum

Roti yang terbuat dari gandum memiliki indeks glikemik rendah, sehingga makanan jenis ini ideal untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, roti jenis ini mengandung serat yang sangat tinggi.

Sehingga mampu mengontrol kadar gula darah dan optimal membantu proses penurunan berat badan atau diet.

3. Bawang Putih

Yang setiap hari ada di makanan kita ternyata bisa menurunkan gula darah, bawang putih yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur dan penyedap masakan ini mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Bawang putih direkomendasikan untuk dikonsumsi dan diolah bagi penderita diabetes.

4. Kacang-kacangan

Kacang merupakan makanan yang mampu menurunkan gula darah karena mengandung karbohidrat kompleks, kacang bermanfaat menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kacang direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Selain itu, makanan yang mengandung kacang-kacangan cenderung mempunyai indeks glikemik rendah juga diperkaya dengan magnesium.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah jenis makanan yang juga dapat menurunkan kadar gula darah tubuh. Sebab, sayuran hijau memiliki indeks glikemik rendah. Penderita diabetes sangat dianjurkan mengonsumsi sayuran hijau. Karena juga mengandung kalori dan karbohidrat yang cukup rendah.

Pada dasarnya para penderita diabetes wajib mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan