*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Marak Kebakaran di Musim Kemarau, BPBD Karawang Imbau Masyarakat Waspada

Maraknya peristiwa kebakaran lahan akibat musim kemarau dan suhu udara yang tinggi di Kabupaten Karawang. Badan Penanggulangan Bencana Daerag (BPBD) Kabupaten Karawang mengimbau masyarakat untuk selalu waspada.
Foto : Damkar Karawang



Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Karawang, Mahpudin mengharapkan masyarakat untuk siap siaga menjaga keamanan sekitar dari ancaman bahaya kebakaran di wilayahnya masing-masing.

"Sehubungan dengan banyaknya laporan tentang kejadian kebakaran baik di perumahan maupun lahan kosong alang-alang dan hutan. Kami mohon kerjasamanya untuk masing-masing Kepala Desa atau Lurah menyampaikan kepada warganya agar selalu waspada, siap siaga menjaga keamanan sekitar dari ancaman bahaya kebakaran," tuturnya ketika dikonfirmasi, Senin (23/10/2023)

Ia juga meminta kepada masyarakat ikut serta dalam meminimalisir terjadinya kebakaran dengan tidak lalai dalam beraktivitas atau menggunakan alat yang dapat memicu kebakaran.

"Intinya selalu waspada dan siap siaga menjaga keamanan sekitar dari ancaman bahaya kebakaran di rumah, baik dengan memerhatikan kompor maupun peralatan elektronik sesuai dengan standar, melarang penyalaan api atau pembakaran sampah yang tidak terkendali di lahan terbuka, serta melarang membuang puntung rokok sembarangan," tegasnya.

Selain itu, Mahpudin juga menjelaskan beberapa upaya penanganan awal jika terjadi kebakaran yakni jika terjadi kebocoran gas.

"Kalau ada kebakaran yang disebabkan kebocoran gas, masyarakat bisa ambil kain yang dibasahi air, lalu tutup bagian atas tabung gas," katanya

Kemudian, lanjut dia, jika terjadi korsleting listrik bisa dilakukan pemadaman listrik sementara dan mencabut barang elektronik yang terindikasi mengalami kosleting listrik.

"Jangan disiram dengan air, karena hal itu bisa menyebabkan kebakaran dan tersengat aliran listrik," ujarnya.

Jika terjadi kebakaran, ia mengimbau kepada masyarakat untuk segera menghubungi pihaknya dengan nomor yang tertera pada infografis di atas. (*)

Komentar0