Breaking News
---

Mohon Perhatian, Bapanas Sebut Harga Beras, Gabah dan Jagung Masih Naik

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga sejumlah bahan pokok masih mengalami kenaikan harga. Yakni gabah kering panen (GKP), gabah kering giling (GKG), beras medium, beras premium dan jagung.

Foto ilustrasi : Beras Bulog di pasaran

"Dari 12 bahan pangan pokok harga pangan nasional menunjukan angka yang stabil, terdapat kenaikan harga GKG. Juga harga beras medium, beras premium dan jagung, data dihimpun per 2 Oktober," ucap Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto, Sabtu (7/10/2023).

Andriko merinci harga rata-rata nasional untuk GKP di tingkat produsen berkisar di angka Rp6.640 per kilogram. Adapun harga tertinggi terjadi di Kalimantan Tengan sebesar Rp7.450 per kilogram, sedangkan terendah di Sumatera Utara sebesar Rp6 ribu per kilogram.

Kemudian GKG harga rata-rata nasionalnya menyentuh Rp7.750 per kilogram. Dengan harga tertinggi terpantau di Jawa Tengah mencapai Rp8.010 per kilogram dan terendah di Banten rp7.220 per kilogram.


Lalu beras medium harga rata-rata nasionalnya sebesar Rp12.140 per kilogram. Harga tertinggi terjadi di Sumatera Barat sebesar Rp13.250 per kilogram, sementara terendah di Banten Rp10.590 per kilogram.

Selanjutnya beras premium dengan harga rata-rata nasional berkisar di angka Rp13.310 per kilogram. Adapun harga tertinggi terpantau di Kalimantan Tengah sebesar Rp14.800 per kilogram dan terendah di Banten Rp12.450 per kilogram.

Sementara jagung harga rata-rata nasionalnya saat ini Rp5.520 per kilogram. Dengan harga tertinggi di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp6.000 per kilogram dan terendah di Sulawesi Selatan Rp4.910 per kilogram.

Lebih lanjut Andriko meminta agar seluruh stakeholder pangan di tingkatan pusat dan daerah mendukung upaya stabilisasi pangan. Salah satunya melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau penyaluran beras murah Bulog.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan