Indonesia Martial Art Games (IMAG) 2023, pekan olahraga khusus bela diri mendapatkan tanggapan positif dari berbagai pihak. Mulai dari pengurus KONI daerah hingga pemerintah daerah, terutama Kota Bekasi dan Bogor selaku tuan rumah.

Pelaksana Pekan Olahraga Bela Diri IMAG Disambut Positif

Ketua Umum (Ketum) KONI Bekasi Tri Adhianto menyatakan, pelaksanaan IMAG di kedua daerah menjadi kesempatan baik bagi pihaknya. Tri Adhianto berharap kedua daerah mendapatkan penilaian positif sebagai modal pengusulan tuan rumah Porprov Jawa Barat 2026.

“Dari proses ini kita belajar menuju tahun 2026. Insha Allah, Kota Bogor dan Kota Bekasi diberikan kesempatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat,” kata Tri Adhianto dalam keterangan tertulis yang diterima dari KONI Pusat pada Senin (23/10/2023).

“Terpenting adalah mempersiapkan mereka (para atlet), tidak saja untuk menjadi juara di lokal, tapi juga di Indonesia. Kami juga tentunya menjadi pembelajaran di Kota Bekasi,” ucap Tri Adhianto melanjutkan.

Rencana Bekasi dan Bogor menjadi tuan rumah Porprov Jawa Barat disambut positif Ketum KONI Jawa Barat Prof. M.Budiana. Menurut Budiana rencana ini tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kedua daerah.

“Tentunya akan kami jadikan sebagai ajang pemanasan untuk juga dari sisi mengelola manajemen. Apalagi khusus untuk IMAG ini sifatnya nasional,” ujar Budiana.

Sementara itu Ketum KONI Kota Bogor Benninu Argoebie mengaku bangga menjadi penyelenggara IMAG 2023. Menurut Benninu, IMAG dapat menjadi tonggak Sejarah kemajuan olahraga nasional yang digelar dengan dasar keberanian.

“Karena hari ini kita semua yang duduk di sini, modalnya keberanian dan kecintaan pada olahraga di Indonesia. Kita tidak mau lagi SEA Games kita tiak juara,” kata Benninu.

IMAG merupakan multievent khusus cabang olahraga (cabor) bela diri bentukan KONI yang baru pertama dihelat tahun 2023. IMAG resmi dibuka pada Minggu (22/10/2023) di Asrama Haji Kota Bekasi.

IMAG mempertandingkan 9 cabor, Anggar, Shorinji Kempo, Ju-Jitsu, dan Hapkido di Asrama Haji Kota Bekasi. Sambo, Gulat, Wushu di GOR Pajajaran, kickboxing di Hotel Green Forest, dan Taekwondo di GOR POPKI, Cibubur, Bogor.

Meski baru dibuka, namun rangkaian pertandingan beberapa cabang olahraga telah dimulai sejak Jumat (20/10/2023). Jawa Timur menduduki puncak klasemen sementara perolehan medali dengan 10 emas, 8 perak, dan 5 perunggu.

DKI Jakarta berada di peringkat kedua dengan 7 emas, 6 perak dan 3 perunggu. Peringkat ketiga adalah Jawa Tengah dengan 5 emas, 3 perak dan 9 perunggu.(*)