GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Pilkades Serentak Beres, Ini Kata Bupati Dadang

Bupati Bandung Dadang Supriatna melantik 24 Kepala Desa, di gedung Moch Toha Soreang, Jumat (13/10/2023) sore. Dari jumlah sebanyak itu, 22 orang merupakan Kepala Desa yang terpilih berdasarkan hasil Pilkades Serentak tahun 2023, satu orang Pejabat Antar Waktu (PAW) dan satu orang Penjabat (Pj). Bupati Dadang menjelaskan, alasan pelantikan yang terbilang cepat itu dilakukan guna mengefesienkan penyerapan anggaran tahun 2023.

Foto ilustrasi pelantikan Kades

"Supaya tidak sampai terhambat dan terlambat. Hari ini saya sudah koordinasi dengan Pak Kapolres, Pak Dandim, Pa Kadis DPMD, Kejaksaan, agar bagaimana bisa lebih baik memaksimalkan penyerapan anggarannya, Dari mulai perhitungan TPS, dihitung bersama-sama oleh panitia di desa kemudian melalui rapat pleno, langsung oleh P2KD disahkan dan diserahkan ke saya melalui Camat masing-masing, kemudian saya proses pelaksanaannya, Insya Allah ini sudah sesuai ketentuan dan peraturan," katanya.

Kang DS sapaan akrab Dadang Supriatna dalam pelantikan ini berharap kepada para kepala Desa terpilih, agar bisa memberikan rasa keadilan, rasa tanggung jawab dan bisa mensejahterakan warga masyarakat dalam mengemban tugasnya.

Foto ilustrasi : Pelantikan Kades

" Menjadi pemimpin masyarakat itu harus bisa berdiri diatas semua kepentingan, turun kelapangan, buat program yang tepat sasarannya, dan bisa bersinergi dengan progam visi Kabupaten Bandung yang Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera (BEDAS)," ucapnya.

Pada kesempatan itu juga Kang DS meminta kepada para kepala desa terpilih untuk tidak jumawa dan berlebihan kepada para lawan yang bersebrangan, justru harus segera menonjolkan kreatifitasnya, dan memiliki terobosan juga inovasi yang saat ini berkembang di desa masing-masing.

" Sebaiknya segera merangkul yang bersebrangan untuk bersatu membangun desa dan pembangunan daerah, karena keberhasilan otonomi daerah sangat ditentukan di tingkat desa, segera juga laksanakan dan realisasikan janji politiknya," tuturnya.

Tak lupa, orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran dari TNI-Polri, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) sehingga pada pelaksanaan pilkades serentak tahun 2023 ini bisa berjalan lancar dan kondusif, sukses dan tanpa ekses. Dalam kesempatan tersebut Kang DS juga neminta Kepala DPMD Kab. Bandung Tata Irawan agar para Kepala Desa yang baru saja dilantik ini segera diberi pelatihan-pelatihan.

"Karena tidak semuanya mempunyai latar belakang tentang pemerintahan, perlu peningkatan kapasitas," tambahnya.

Selain itu, dirinya juga menitipkan pesan untuk para kepala desa terpilih, untuk segera melakukan koordinasi dengan para perangkat desa, supaya pencairan anggaran di akhir tahun bisa diselesaikan.

" BPD, LPMD, RT dan RW, segera berkoordinasi, dan nanti kalau mau memberikan program sampaikanlah dan laksanakanlah di APBD 2024,Jangan sampai ada, insentif yang tidak diberikan atau dicairkan oleh kepala desa, dan apabila itu terjadi maka saya akan ambil alih untuk transfer langsung ke masing-masing perangkat desa tidak melalui kades, jadi bekerjalah dengan ikhlas sesuai hati, bekerja tuntas, dan bekerja cerdas," pungkasnya.(*)

Komentar0