Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca sejumlah kota besar di Indonesia, berlaku untuk Rabu (18/10/2023). 

Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia untuk 18 Oktober

Prakirawan BMKG Kania Mustikawati mengatakan, di wilayah Sumatra cuaca cerah berawan diprakirakan terdapat di kota Bandar Lampung. 

Kemudian, cuaca berawan diprakirakan terdapat di kota Padang. Menurut Kania, Bengkulu akan diselimuti kabut. "Cuaca berasap diprakirakan terdapat di kota Palembang," kata Kania. 

Kemudian, cuaca berkabut diprakirakan terdapat di kota Pekanbaru. Ia memprakirakan hujan dengan intensitas ringan berpeluang terjadi di kota Banda Aceh dan Jambi. 

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di kota Tanjung Pinang. Selain itu, hujan dengan intensitas lebat berpeluang terjadi di kota Medan. "Perlu diwaspadai hujan disertai petir yang diprakirakan terjadi di kota Pangkal Pinang," ucapnya.

Sedangkan di Pulau Jawa cuaca cukup kondusif. Ia memprakirakan cuaca cerah berawan terdapat di kota Jakarta dan Bandung. "Cuaca berawan diprakirakan terdapat di kota Serang, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya," ujarnya.

Tak hanya wilayah Jawa, cuaca di wilayah Bali dan Nusa Tenggara juga cukup kondusif. Ia memprakirakan cuaca cerah terdapat di kota Kupang. "Cuaca cerah berawan diprakirakan terdapat di kota Denpasar dan Mataram," kata Kania.

Beralih ke wilayah Kalimantan, cuaca berkabut diprakirakan terdapat di kota Samarinda. Selain itu, hujan dengan intensitas ringan berpeluang terjadi di kota Palangkaraya dan Tanjung Selor. "Perlu diwaspadai hujan disertai petir yang diprakirakan terjadi di kota Pontianak dan Banjarmasin," ucapnya.

Di wilayah Sulawesi, ia memprakirakan cuaca berawan terdapat di kota Makassar. Kemudian, hujan dengan intensitas ringan berpeluang terjadi di sejumlah kota. Kota-kota itu antara lain, Mamuju, Palu, Gorontalo, Manado, dan Kendari. 

Di Indonesia Timur, potensi hujan dengan intensitas ringan diprakirakan berpeluang terjadi di kota Ternate, Manokwari, dan Jayapura. "Perlu diwaspadai hujan disertai petir yang diprakirakan terjadi di kota Ambon," ujarnya.(*)