*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Presiden Serahkan SurPres Calon Panglima TNI Yudo ke DPR

Istana Kepresidenan telah mengirim Surat Presiden (SurPres) terkait calon Panglima TNI yang akan menggantikan Laksamana Yudo Margono. Surat Presiden tersebut dikirim dan diberikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara kepada Ketua DPR RI Puan Maharani.

Laksamana Yudo Margono.
Laksamana Yudo Margono.

"Tadi siang sekitar jam 11.30 WIB, Pak Mensesneg telah menyampaikan secara langsung. Surpres terkait nama Panglima TNI pengganti Laksamana TNI Yudo Margono ke Ibu Ketua DPR," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Ari Dwipayana, dalam pesan singkat, Senin (30/10/2023).

Terkait nama yang ada di dalam Surpres tersebut, Ari tidak memberi penjelasan lebih lanjut. Menurutnya, Ketua DPR yang akan menyampaikan secara resmi.

"Nanti Bu Ketua DPR akan menyampaikan keterangan kepada media," kata Ari lebih lanjut. Menurut Ari, hanya ada satu nama yang akan diajukan Presiden, namun siapa yang diajukan tidak diperjelas oleh Ari.

"Hanya satu nama. Tunggu keterangan Bu Ketua DPR," katanya.

DPR RI sendiri telah menerima Surat Presiden tersebut. Hal ini disampaikan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafidz. 

Meutya tidak mengklarifikasi nama yang diusulkan menjadi Panglima TNI adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto. Meutya mengatakan nama tunggal yang diusulkan Presiden akan disampaikan Ketua DPR RI.

"Nama nanti yang sampaikan biar Ibu Ketua DPR. Tapi yang pasti calon tunggal karena sesuai UU memang Presiden mengirim calon tunggal," katanya.

Usai menerima supres ini, ia menyebut Komisi I akan menjadwalkan fit and proper test untuk calon Panglima TNI. "Esok kami akan rapat internal kisi untuk membahas tanggal," katanya.(*)

Komentar0