GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

RSUD Terbakar, Bupati Garut, Rudy Gunawan : Sedang Dilakukan Penyelidikan

Minggu (01/10/2023) sekitar pukul 12.24 siang, terjadi kebakaran di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut, di Jalan RSU, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Kebakaran menghanguskan Ruang Logistik rumah sakit setempat. Tidak ada korban jiwa atau luka akibat kebakaran ini. Beberapa pasien di ruangan terdekat dengan lokasi kebakaran sempat dievakuasi, namun kini telah kembali ke ruangan masing-masing. 

RSUD dr.Slamet Garut terbakar

Bupati Garut, Rudy Gunawan  menyatakan, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan oleh pihak Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Garut. Pihak RSUD dr. Slamet Garut kini masih menghitung kerugian akibat kebakaran ini.(2/10/23).

Bupati Garut, Rudy Gunawan, menyebut bahwa Ruang Logistik yang terbakar berisi berbagai peralatan medis, termasuk tempat tidur dan rekam medis.

"Dan apa saja yang terbakar, tapi secara garis beras yang terbakar itu ada alkes-alkes (alat kesehatan), termasuk ada bed, dan ada juga rekam medik ya, baik yang sudah terisi maupun yang dalam bentuk formulir," ujarnya. 

Bupati Garut, Rudy Gunawan

Ruang Hemodialisa RSUD dr. Slamet Garut untuk sementara tidak dapat digunakan, namun langkah pemulihan sedang diambil. Sementara, bagi pasien yang sudah memiliki jadwal untuk melakukan cuci darah di RSUD dr. Slamet Garut, akan disalurkan ke beberapa rumah sakit yang ada di Kabupaten Garut, dan rumah sakit mana yang akan dijadikan lokasi sementara hemodialisis akan diputuskan dalam waktu dekat kepada pasien. Rudy menegaskan, pihaknya akan melakukan langkah cepat untuk memulihkan Ruang Hemodialisa tersebut.

"Jadi kepada pasien yang punya jadwal hari Senin pagi, ini sudah akan diberitahu kemana dia harus melaksanakan pengobatan hemodialisanya, yang sudah terjadwal ya, yang Senin pagi, karena Ruang Hemodialisa RSUD dr. Slamet sementara ini kita tutup karena terdampak dari kebakaran tersebut," ucapnya. 

Selain itu, dampak dari adanya kebakaran ini, lanjut Rudy, beberapa pasien yang ada di ruangan yang berdekatan dengan lokasi kebakaran sempat dievakuasi ke tempat yang lebih aman, beberapa ruangan tersebut di antaranya Ruangan Agate, Safir, Permata hingga Kalimaya. Meski demikian, saat ini para pasien tersebut, sudah kembali ke ruangan masing-masing.

"Kami beritahukan bahwa semua pasien yang ada di rumah sakit ini, yang berdekatan dengan sumber kebakaran sekarang sudah kembali lagi ke ruangannya masing-masing, dan tidak ada korban jiwa ataupun luka karena kebakaran ini," ungkap Rudy. (*)

Komentar0