Breaking News
---

Tangerang Mulai Tracing Virus Cacar Monyet dan Pemkot Bandung Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit Cacar Monyet

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meminta masyarakat mewaspadai penyebaran penyakit cacar monyet (Monkeypox). Jika mengalami gejala seperti terkena cacar monyet, warga diminta segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

Foto : Cacar Monyet

Seperti diketahui, penyebaran penyakit cacar monyet saat ini sudah terkonfirmasi ada di Jakarta. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Anhar Hadian menyebut, hingga saat ini belum ada konfirmasi cacar monyet di Bandung.

"Sarana transportasi Jakarta-Bandung itu sangat mudah. Hanya barangkali sekarang harus mencermati cara penularannya yang melalui kontak fisik bukan melalui udara seperti virus Covid," ujar Anhar, Jumat (27/10/2023).

Anhar menyebut, pihaknya diminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan surveilans (memantau penyebaran penyakit) penyakit ini. Selain itu menyiapkan fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, dan puskesmas.

"Jika ada gejala-gejala mirip cacar monyet ya segera hubungi kami. Dan kami mengimbau pula ke seluruh masyarakat hati-hati apabila ada keluarga, kerabat atau siapa pun alami gejala itu," ujarnya.

Untuk wilayah Bandung, Kemenkes telah menyiapkan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung untuk penderita cacar monyet dalam pengobatannya. "Gejala awalnya standar sih, seperti demam, pegal-pegal, serta timbul seperti cacar," katanya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang tengah meningkatkan upaya penelusuran (tracing) terhadap fenomena penyakit cacar monyet atau monkeypox. Hal itu sebagai bentuk upaya pencegahan dan mengantisipasi penyebarannya di Kabupaten Tangerang.

"Kami telah mengeluarkan surat edaran ke faskes tentang kewaspadaan terhadap virus monkeypox di Kabupaten Tangerang. Tujuannya guna meminimalisir penyebarannya," ujar Sumihar Sihaloho, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang, Jumat (27/10/2023).

Dengan ditemukannya kasus pengidap cacar monyet di wilayah DKI Jakarta, menjadi perhatian khusus Dinkes KabupatenTangerang. Pihaknya melakukan tracing guna melakukan pencegahan kemunculan penyakit menular tersebut.

Selain itu, lanjutnya, dengan melakukan pemantauan melalui petugas surveilans di masing-masing Puskesmas yang tersebar di daerah Kabupaten Tangerang. "Banyak yang diinstruksikan, intinya siaga jika menemukan kasus dicurigai monkeypox dan tindakan-tindakan khusus jika apa yang harus dilakukan faskes," kata dia.

Selain telah mengeluarkan surat edaran, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang juga mengingatkan kepada masyarakat agar dapat menjaga pola hidup sehat. Bagaimana pun pencegahan lebih baik daripada mengobati.

"Dengan begitu penyebaran dari berbagai penyakit yang ada dapat dilakukan pencegahan sedini mungkin. Kasus penyakit monkeypox ini dapat dihindarkan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS, Red)," tuturnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan