*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

TPA Sampah di Purwakarta Kembali Terbakar

Kebakaran kembali terjadi di area tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Cikolotok, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Purwakarta, Juddy Herdiana Suhendar. 

TPA Sampah di Purwakarta Kembali Terbakar

"Kebakaran di TPA Cikolotok hari ini terjadi lagi. Pemantauan terus dilakukan," kata Juddy, Minggu (15/10/2023). 

Kebakaran di TPA Cikolotok sebelumnya terjadi pada Kamis (12/10/2023). Saat itu proses pemadaman berlangsung selama sekitar 24 jam, dan api baru bisa padam pada Jumat (13/10/2023). 

"Pada hari ini kebakaran kembali terjadi di area Cikolotok, Purwakarta. Petugas pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api," ujarnya. 

"Hari ini ada satu regu yang kami turunkan. Ini untuk memadamkan api di TPA Cikolotok," ucapnya. 

Ia mengatakan, penyebab kebakaran hingga kini belum diketahui. Namun kemungkinan kebakaran terjadi akibat kondisi cuaca yang cukup panas.

Sampah yang menumpuk di area TPA Cikolotok terbakar hingga menimbulkan asap hitam pekat yang membimbing ke atas. Kepulan asap hitam pekat itu terlihat hingga di radius sekitar 10 kilometer dari lokasi kebakaran.

TPA Sampah di Purwakarta Kembali Terbakar

Sekretaris Daerah Pemkab Purwakarta Norman Nugraha menyebutkan kalau area yang terbakar di TPA Cikolotok tersebut merupakan tumpukan sampah. Serta jauh dari pemukiman warga.

Meski demikian, pihaknya bergerak cepat memadamkan api agar aktivitas pembuangan sampah di TPA itu tidak terganggu. Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran Purwakarta, kebakaran hutan dan lahan memang rawan terjadi di Purwakarta.

Pada tahun 2022, kebakaran yang terjadi di kawasan hutan, perkebunan, dan lahan, mencapai 22 kali dengan jumlah total luas areal yang terbakar mencapai 17,26 hektare. Ini dari luas kawasan hutan yang ada di Purwakarta mencapai 60.609,83 hektare.(*)

Komentar0