Breaking News
---

Begini Makna Tema-Logo Hari Guru Nasional 2023, Ketahui Tugas Utamanya

HUT PGRI dan Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Perayaan ini membuat 25 November menjadi momen istimewa bagi banyak guru di Indonesia.

Logo HUT HGN

HUT PGRI adalah Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia, organisasi profesi yang menaungi para guru di Indonesia. Oleh karena itu, tiap tahunnya Pemerintah juga menghadirkan tema dan logo yang bermakna untun diperhatikan.

Informasi mengenai tema Hari Guru Nasional 2023 dapat dilihat pada surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek). Yaitu, surat Mendikbudristek nomor 36927/MPK.A/TU.02.03/2023.

Berdasarkan surat tersebut, tema Hari Guru Nasional 2023 adalah "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar". Sementara itu, terdapat juga logo yang didalamnya terdapat bentuk seorang guru, teknologi, dan hati berwana-warni.

Dikutip dari Panduan Penggunaan Logo HGN 2023 yang dikeluarkan Kemendikbudristek. Berikut penjelasan masing-masing elemen logo Hari Guru Nasional 2023:

1. Figur Pak Guru, Ibu Guru, serta siswa dan siswi tampak dinamis dan ceria dalam menjalankan pembelajaran.

2. Pemanfaatan teknologi digambarkan dengan simbol-simbol WiFi, laptop, handphone. Serta aplikasi Zoom yang memiliki relevansi kuat sebagai alat penunjang kegiatan belajar mengajar.

3. Bentuk hati menggambarkan seluruh komponen pendidikan mulai dari guru, peserta didik, hingga orang tua yang bersinergi. Menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta guna memberikan hasil yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia.

25 November 2023 diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Guru merupakan seseorang yang berjasa dan telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, kepada siswanya.

Hal itu agar para siswa yang diajarkan dapat memahami ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk kehidupannya. Oleh karena itu, sosok guru memiliki peran sangat penting dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas.

Baik secara intelektual maupun akhlaknya, sehingga kelas dapat berhasil meneruskan estafet kepemimpinan bangsa. Tugas dan tanggung jawab guru sangatlah besar dan tidak sekedar menyampaikan materi pelajaran saja. 

Berikut ini adalah beberapa tugas utama guru yang harus diketahui. Dirangkum berbagai sumber, diantaranya:

1.  Mengajar

Deskripsi tentang guru dibagian awal artikel menyebutkan bahwa seorang guru adalah seseorang yang mengajarkan ilmu. Seorang guru memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan ilmu pengetahuan kepada siswa-siswanya. 

Tujuan guru dalam hal ini adalah membuat para siswa mengetahui tentang materi dari suatu disiplin ilmu. Sehingga para siswa memiliki tingkat intelektual yang tinggi.

2.  Mendidik

Guru merupakan seorang pendidik. Mendidik siswa merupakan hal yang berbeda dengan mengajarkan suatu ilmu pengetahuan. 

Kegiatan mendidik siswa memiliki tujuan untuk mengubah tingkah laku siswa menjadi lebih baik. Sehingga dapat menjadi anggota masyarakat yang baik pula. 

Dalam proses mendidik siswa, Guru Pintar akan memiliki tantangan yang berbeda jika dibandingkan dengan hanya mengajarkan suatu ilmu pengetahuan. Agar sukses dalam mendidik siswa, Guru Pintar harus dapat menjadi teladan yang bagi siswa-siswanya.

3.  Melatih keterampilan hidup

Tugas guru adalah melatih siswa memiliki kecakapan atau keterampilan hidup atau practical life. Guru harus melatih siswa untuk menguasai kecakapan atau keterampilan hidup abad 21.

Hal itu untuk menjadi bekal bagi siswa menaklukkan segala tantangan yang mereka hadapi di masa depan. Agar tidak ada lagi masyarakat yang malas untuk terampil dalam kehidupannya. 

4.  Memberikan bimbingan dan pengarahan

Pekerjaan guru tidak selesai dengan hanya mendidik dan mengajar saja. Tugas guru terhadap siswa lainnya adalah membimbing dan mengarahkan siswa supaya tetap pada jalur yang benar, terutama pada proses belajar mengajar. 

Siswa yang mengalami kebingungan atau kesulitan dalam proses belajar mengajar harus dibimbing dan dibantu mencari solusi. Guru dan siswa bersama-sama berusaha memecahkan masalah sehingga siswa tetap berada pada jalur yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan.

5.  Memberikan motivasi

Tanggung jawab seorang guru yang terakhir adalah untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa-siswanya. Yaitu, agar selalu berusaha keras untuk lebih maju. 

Bentuk dorongan dan motivasi yang dapat Guru Pintar berikan kepada siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya memberikan hadiah, memberikan pujian, dan penghargaan.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan