Breaking News
---

Jonatan Dikalahkan Axelsen, Gregoria Jumpa Unggulan USA di Semifinal Japan Masters

Jonatan Christie kalah dari Viktor Axelsen di perempat final Japan Kumamoto Masters 2023, Kumamoto Prefectural Gymnasium, Jumat (17/11/2023). Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia itu takluk setelah berjuang lewat tiga gim, dengan skor 21-15, 18-21, 9-21.

Jojo, sapaan Jonatan, memulai pertandingan dengan sangat percaya diri. Dia membuat Axelsen melakukan kesalahan, sehingga mampu memimpin 6-3.

Di sisi lain, Axelsen nampak belum bisa beradaptasi dengan kondisi lapangan yang cukup berangin. Alhasil, pukulan pemain rangking satu dunia itu sering keluar dari lapangan. 

Jonatan Christie kalah dari Viktor Axelsen 

Jonatan pun dengan nyaman menginjak interval gim pertama lebih dulu dengan skor 11-5. Usai rehat, sang jagoan Tim Merah-Putih masih mampu menekan hingga bisa menjaga keunggulannya di angka 15-10. 

Namun, perlahan-lahan Axelsen bisa keluar dari tekanannya. Axelsen memangkas ketertinggalannya menjadi 15-16.

Akan tetapi, Jonatan mampu menemukan sentuhan terbaiknya lagi dan kembali menekan Axelsen. Pemain berusia 26 tahun itu pun mendapatkan lima poin beruntun untuk menutup gim pertama dengan kemenangan 21-15.

Duel sengit tersaji di awal gim kedua hingga skor sama kuat 3-3. Namun, Axelsen kemudian unggul 4-3, usai menang duel netting dengan raket saling berhadapan. 

Smash-smash keras dan cepat dari Axelsen masih menjadi senjata menyulitkan Jojo hingga keunggulan 13-10 dan 14-11. Jojo mampu menyamakan kedudukan 14-14 dan berbalik unggul 15-14.

Namun, Axelsen mencapai game point dengan keunggulan 20-17. Jawara Olimpiade 2022 ini memaksa duel lanjut ke gim ketiga dengan skor 21-18.

Pada gim penentuan, Jonatan mencatat start yang buruk, ia tertinggal 1-8 dari Axelsen setelah sempat merebut poin pertama di gim ketiga. Axelsen terus menjaga keunggulan dan memberikan tekanan kuat pada Jonatan, selisih poin ada di angka 12 pada kedudukan 17-5.

Axelsen lalu meraih match point di angka 20-8. Jonatan sempat menggagalkan kesempatan pertama match point Axelsen namun kemudian tumbang dengan skor 9-21.

Kekalahan ini membuat Jonatan harus tersingkir pada babak perempat final Japan Kumamoto Masters 2023. Pada babak semifinal, Viktor Axelsen akan menghadapi wakil tuan rumah Takuma Obayashi.

Sementara Gregoria Mariska Tunjung membuka peluang meraih juara Japan Masters 2023. Gregoria berhasil melangkah ke semifinal usai mengalahkan unggulan Singapura Yeo Jia Min.

Tampil di babak perempat final yang berlangsung di Kumamoto Prefectural Gymnasium, Japan, Jumat (17/11/2023), Jorji sapaan akrabnya menang dua gim langsung dengan skor 22-20 dan 21-19.

"Secara keseluruhan Yeo Jia Min hari ini bermain sangat bagus. Dia bisa menemukan celah saya juga. Cuma, tadi dalam permainan, saya akhirnya bisa menang karena bermain lebih tenang, terutama di poin-poin kritis. Sebaliknya lawan malah bermain buru-buru dan melakukan kesalahan sendiri," ujar jorji usai laga 

Jorji sangat senang bisa tampil tenang. Meski tertinggal dia perlahan mengejar dan berhasil berkat kesabarannya bermain. Dia juga meminimalisir kesalahannya sehingga bisa meraih poin.

'Saya senang dengan hasil dan penampilan hari ini karena tadi saya beberapa kali tertinggal dan jarang-jarang sekali saya bisa bermain setenang itu. Jadi saya bersyukur dengan kemenangan ini," katanya

Selain tenang, Jorji menilai dia bisa tampil ekspersif untuk menghilangkan ketegangan. Meski lawan lebih sering menekan, namun dia tidak terpengaruh bahkan memiliki mental yang baik.

"Saya hari ini tampil lebih ekspresif karena untuk membuang ketegangan. Lawan juga lebih menekan dibanding dua lawan yang saya hadapi sebelumnya. Mau tidak mau saya harus lepas dari tekanan dulu. Jadi saya ekspresikan dengan berteriak," ucapnya

Pada babak semifina, Jorji akan berhadapan dengan unggulan Amerika Serikat Zang Beiwen. Dia sangat waspada lantaran pebulu tangkis asal negeri Paman Sam itu tengah dalam performa terbaik.

"Lawan Zhang Beiwen di semifinal, saya harus bersemangat. Apalagi saat ini lawan tengah berada di penampilan terbaik. Saya pun akan mencoba melakukan yang terbaik. Saya punya target semoga bisa main lebih baik dan kemenangan bisa diraih," ujarnya (*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan