GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Perubahan Pola Pikir Tolok Ukur Berhasilnya Reformasi Borokrasi

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, perubahan pola pikir dan budaya kerja Aparatur Sipili Negara (ASN). Menjadi tolok ukur berhasilnya reformasi birokrasi. 

"Ini harus dilakukan  di tengah tingginya keinginan masyarakat terhadap reformasi birokrasi. Menuntut adanya peningkatan kualitas pelayanan publik pada seluruh unit organisasi," kata Menaker usai mengadakan pertemuan dengan Menpan-RB Abdullah Azwar Anas, di Kantor Kemenpan-RB Jakarta, Senin 27/11/2023).

Pertemuan itu, terkait kerja sama program reformasi birokrasi antara kedua kementerian. Ida berharap dari kerja sama ini dapat menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik sehingga dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

“Saya berharap ke depannya tata kelola pemerintahan di Kemnaker bisa lebih baik lagi, dan memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat," kata Menaker Ida.

Menurutnya, di tengah upaya Kemenpan-RB menggencarkan reformasi birokrasi di instansi pemerintah. Terutama program reformasi birokrasi berdampak, pihaknya telah bersiap untuk melaksanakan program-program tersebut.

Program yang dilakukan Kemnaker antara lain, peningkatan kualitas SDM yang terampil melalui transformasi BLK, perluasan kesempatan kerja, dan perbaikan hubungan industrial. Kemdian, upaya mendukung program pengentasan kemiskinan dan peningkatan investasi.

“Program Ini semua menjadi salah satu reformasi birokrasi tematik dari Kementerian Ketenagakerjaan,” ujar Ida. (*)

Komentar0