Breaking News
---

Pidato Tiga Paslon Peserta Pilpres 2024 di KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan nomor urut tiga pasangan calon (paslon) peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, hanya paslon nomor urut 1 mempersilakan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar berpidato penuh.

Pidato Tiga Paslon Peserta Pilpres 2024 di KPU

Muhaimin di samping Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan menyatakan, siap mengikuti kompetisi dengan suportif. "Lihatlah pemilu ini, seperti kompetisi sepak bola. Rakyat harus menikmati pemilu dengan kebersamaan," kata Muhaimin saat sesi pidato paslon Pilpres 2024 diberikan waktu oleh KPU, Selasa (12/11/2023) malam.

"Kalau ada pemain yang bersifat curang, tolong teriaki." Selanjutnya, Paslon Nomor Urut 2 maju dan Capres Prabowo Subianto menyampaikan pidato didampingi Cawapres Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo tidak banyak menyampaikan kalimat pidato, seperti juga dia katakan di KPU malam ini. Dia mengucapkan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, dan DKPP terkait tahapan Pemilu 2024 berjalan lancar hingga saat ini.

"Saya tidak ingin panjang lebar pidato. Tapi, saya ingin sampaikan di sini, bahwa kita patut bangga bahwa kita adalah negara demokrasi terbesar, kalau tidak salah terbesar ketiga di dunia," kata Prabowo.

Prabowo juga menyebut, bersyukur Indonesia telah melalui pemilihan umum (pemilu) periode demi periode. "Dan kita bersyukur negara kita masih bersatu, walaupun begitu banyak tantangan yang kita hadapi," ujar Prabowo.

Prabowo, pada awal pidatonya juga menyapa Megawati Soekarnoputri sebagai Presiden ke-5 RI dan juga Ketua Umum PDIP. Bahkan, Prabowo di atas panggung merespons positif pidato Paslon 1 Pilpres 2024, Anies-Muhaimin.

"Saya juga setuju dengan aspirasi dari Paslon Nomor 1 tadi. Kalau baik, katakan baik," ucap Prabowo terkait pemilu harus berjalan dengan adil.

Kemudian terakhir, Capres Nomor 3 Pilpres 2024 Ganjar Pranowo mengatakan, nomor tiga sesuai dengan sila ke-3 Pancasila.

"Persatuan Indonesia. Tapi belakangan hari ini ada kegelisahan drama," kata Ganjar.

"Demokrasi bisa baik, meskipun belum baik baik saja. Karena kami sangat yakin ada Rakyat Indonesia untuk jaga demokrasi ini."

"Tapi percayalah, air mengalir itu akan mengikuti dengan cara batinnya." Bahkan Paslon Nomor 3 Pilpres ini, memberikan pidato bergantian.

Sebab, sang Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD juga bersuara di atas panggung KPU. Namun, Mahfud mengucapkan dua pantun.

Pantun kedua Mahfud adalah terkait kemerdekaan Palestina apabila para pemilih memilih Ganjar-Mahfud. Dari pantauan rri.co.id di KPU, acara penetapan nomor paslon Pilpres 2024 berakhir sekitar pukul 21.45 WIB.

Acara ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Penetapan Nomor Paslon Pilpres 2024 oleh tiga pasangan calon. Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud.

Malam ini, acara tahapan Pemilu 2024 diselimuti hujan di Gedung KPU. Hujan kembali turun di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa sekitar pukul 21.55 WIB, dan sebelumnya hujan mulai terjadi sejak pukul 19.15 WIB.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan