Breaking News
---

Ada Janji Bakal Bangunan 40 Kota Se-Level DKI Jakarta, Ini Penjelasan Anis Baswedan

Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan menjelaskan detail, rencana membangun 40 kota se-level Jakarta jika menang Pilpres 2024. Dalam membangun 40 kota tersebut, Anies mengaku, pembangunannya tidak dilakukan dari nol.

Foto ilustrasi : Tugu Monas Jakarta

Anies menegaskan, pembangunan 40 kota se-level Jakarta sangat berbeda dengan proyek IKN Nusantara, di Kalimantan Timur. Karena, IKN Nusantara dibangun pemerintah dari nol.

"Jadi 40 kota ini di-upgrade menjadi kota yang menghidupkan di sekitarnya, itulah yang ingin kita lakukan. Bukan membuat dari lahan baru jadi kota baru, bukan," kata Anies dalam keterangan persnya, Senin (25/12/2023).

Eks Gubernur DKI Jakarta ini membeberkan, kota-kota yang bakal dibangun oleh Anies-Muhaimin. Dari 40 kota, salah satu kota diantaranya yakni Semarang.

"Kota-kota di sekitar Semarang ke depannya ikut menopang perekonomian dan pemerataan akan terwujud. Misalnya purwokerto, Cilacap, Tegal, Pekalongan, kota-kota yang baru meningkat," ucap Anies.

"(Misalnya juga) di Sulawesi sana, Sulawesi Selatan sekarang sudah besar. Bagaimana kota Pare-Pare ditingkatkan, bagaimana kota kota lain didorong."

Oleh sebab itu, Anies mengungkapkan, pentingnya meningkatkan 40 kota tersebut untuk menggerakkan urbanisasi. Sehingga, pergerakan kaum urban tidak hanya fokus ke Jakarta.

"Kalau kota-kota di seluruh pulau besar Indonesia kalau kota-kotanya berkembang, maka urbanisasi itu kota-kotanya ada di sana. Tidak harus pindah ke Jawa, atau ke Jakarta, itu strategi dengan meng-upgrade sekitar 40-an kota," ujar Anies.(*)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan