Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Subang Udin Jajudin menyatakan, erupsi Gunung Tangkuban Parahu sudah masuk dalam pemetaan potensi bencana alam. Untuk itu BPBD Subang sudah siap siaga.

BPBD Subang Waspadai Ancaman Erupsi Tangkuban Parahu

"Intinya, kami juga sudah siap siaga. Karena ancaman erupsi Gunung Tangkuban Parahu sudah masuk dalam pemetaan potensi bencana alam di Kabupaten Subang," ujar Udin Jajudin, Kamis (7/12/2023).

Terkait video viral Gunung Tangkuban Parahu erupsi, ia menegaskan itu merupakan video lama. "Tidak benar adanya. Itu sudah kami lakukan cek and ricek," kata Udin

Menurutnya, jika terjadi erupsi selalu ada pemberitahuan dari Badan Vulkanologi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BVMKG). Pihak pengelola yaitu PT. Graha Rani Putera Persada (GRPP), termasuk Kepala Desa Ciater, dan juga petugas BPBD di wilayah selatan.

"Sampai saat ini, kami tidak menerima informasi, atau pun laporan, dari pihak terkait tadi. Bahkan tadi pak Kades saya telpon, beliau juga bilang itu hoaks, itu video lama pak," ujanrya.
Ia juga meminta kepada masyarakat, untuk tetap tenang. dan tetap meningkatkan kewaspadaan. "Saya minta tidak panik, karena berita tersebut tidak benar adanya, namun kami tetap meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan," katanya mengakhiri.(*)