Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sejumlah daerah masih mengalami kenaikan harga telur ayam ras. Hingga pekan kedua Desember tercatat ada sebanyak 229 kabupaten dan kota yang mengalami kenaikan harga.

BPS Catat Harga Telur Ayam Sejumlah Daerah Tinggi

"Kalau dilihat secara spasial sudah jarang sekali wilayah-wilayah yang berwarna merah tua. Ada 229 kabupaten, kota yang mengalami kenaikan harga telur ayam ras," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini dalam keterangannya, Selasa (19/12/2023).

Pudji merinci tiga daerah yang mengalami kenaikan harga telur ayam ras tertinggi. Meliputi, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Sumatera Utara tercatat naik hingga 13,33 persen.

Kemudian Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur mengalami kenaikan harga telur ayam hingga 12,10 persen. Terakhir, di Solok, Sumatera Barat yang terpantau naik hingga 9,40 persen.

Adapun, harga rata-rata nasional untuk telur ayam ras saat ini berkisar di angka Rp29.323 per kilogram. Menurutnya, besaran harga tersebut mengalami kenaikan 0,80 persen bila dibanding harga rata-rata di November 2023. (*)