Bulog Cabang Bandung memastikan, bahwa ketersediaan beras untuk wilayah Kota Bandung aman hingga akhir 2023.

Bulog Klaim Stok Beras Aman Hingga Akhir Tahun

"Kalau dilihat dari data stok yang kita miliki, itu akan sangat aman. Sangat-sangat aman untuk Desember, bahkan sampai awal tahun sampai menjelang musim panen tahun depan," ujar Kepala Bulog Cabang Bandung Erwin Budiana, Jumat(8/12/2023).

Erwin mengutarakan,tidak terlepas atas perubahan cuaca saat ini. Beberapa petani di wilayah di Jawa Barat, mulai melakukan tanam padi seiring turunnya hujan.

"Para petani sudah mulai tanam. Jadi bulan Maret diperkirakan memasuki musim panen. Jadi tidak usah khawatir, stok beras ini kurang. Untuk di gudang Bulog pun, sangat mencukupi kebutuhan masyarakat Kota Bandung sampai akhir tahun," ucapnya.

Dikatakannya, bahwa pemerintah masih mendatangkan beras dari luar Indonesia atau import. Kebijakan tersebut tak lain untuk mengantisipasi kekosongan stok.

Namun apabila kawasan sentra beras di wilayah Jawa Barat kembali memasuki musim panen raya, pihaknya akan kembali menyerap gabah-gabah dari petani beras dalam negeri.

"Kita saat ini memiliki stok beras sebanyak 3.000 ton, dan jumlah itu mampu menutupi kebutuhan beras di Kota Bandung selama tiga bulan ke depan. Nanti Maret kan mulai memasuki masa panen. Sehingga kita pastikan stok beras sangat aman," tandasnya.(*)