GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Cukupi Pengairan Sawah, APBN Biayai Dua Proyek 'Sumur Dalam' di Karawang

Proyek 'Sumur Dalam' Tengah di Garap Pemerintah Pusat di dua lokasi di Karawang pada akhir tahun 2023 ini. 

Sumur yang di 'bor' hingga kedalaman lebih dari 100 meter itu, di topang dengan pipa 4 inci dengan total anggaran Rp100 Juta. 
Foto : Wasma, Kepala UPTD Pengelolaan Pertanian Kecamatan Cilamaya Wetan

Adapun kedua lokasi tersebut adalah di Kecamatan Cilamaya Wetan dan Kecamatan Tempuran.

Kepala UPTD Pengelolaan Pertanian Kecamatan Cilamaya Wetan, Wasma mengatakan, sumur dalam ini adalah program pemerintah pusat yang keseniannya di garap dan di biayai APBN. Sumur ini, di bor dengan pipa 4inci dengan kedalaman lebih dari 100 meter, sehingga menghasilkan air tanah dengan Ph yang baik untuk kesuburan tanah sawah, sebab mayoritas tanah sawah yang menjurus ke pesisir kadarnya semakin asin dan pH yang diperlukan kurang mencukupi. 

"Sumur ini, di alirkan ke irigasi yang diperkirakan bisa mengairi sekitar 25 hektar sawah, dimana lokasinya di sawah percontohan sekitaran lingkungan UPTD Pertanian seluas 2.000 meter, " Ungkapnya, Kamis (21/12/2023).

Kegiatannya sendiri sudah di mulai, namun sebut Wasma, untuk bisa memulai pekerjaan, perizinannya juga mesti ditempuh, termasuk ke Dinas Lingkungan Hidup. 

"Kita berharap, sumur dalam ini sedikit membantu pengairan saat musim kering, khsusunya di sekitaran sawah Desa Tegalwaru, Cilamaya Wetan ini, "Pungkasnya. (Rd)

Komentar0