Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan dua pasien COVID-19 terinfeksi Subvarian Omicron JN.1 dan XBB.2.3.10.1 (GE.1) di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), meninggal dunia.

Foto ilustrasi : Pasein covid

"Hasil itu berdasarkan update laporan verifikasi kasus kematian COVID-19 dari Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BTKL) Batam," jelas Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi dikutip dari Antara, Selasa (26/12/23).

Kemenkes melaporkan pasien terkonfirmasi positif BA.2.86.1 yang merupakan sub-lineage JN.1 berinisial FV (48) berjenis kelamin laki-laki. Ia meninggal pada 18 Desember 2023 di Rumah Sakit Embung Fatimah. Sedangkan, pasien terkonfirmasi Subvarian Omicron GE.1 juga seorang laki-laki berinisial GNS (77) yang meninggal pada 21 Desember 2023 di Rumah Sakit (RS) Elizabeth Lubuk Baja.

Kemenkes menginformasikan, pasien COVID-19 di Kota Batam hingga saat ini sebanyak tiga kasus, dua di antaranya meninggal dunia dan satu lainnya masih dalam perawatan.

“Kemenkes masih memeriksa sampel dari jenis virus yang menginfeksi pasien yang masih dalam proses perawatan melalui jejaring laboratorium nasional,” ujarnya.(*)