Breaking News
---

Kemlu Kabarkan Seorang WNI Diselamatkan dari Konflik Myanmar

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memastikan seorang warga negara Indonesia (WNI) asal Sumatera Utara berinisial FK berhasil diselamatkan dari wilayah konflik di Laukkaing, Myanmar.  Penyelamatan itu berkat koordinasi intens yang dilakukan Perwakilan RI dengan Perwakilan Malaysia di Yangon dan Beijing.

Muhammad Iqbal

Demikian dikatakan Jubir Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/12/2023).  Ia mengatakan, FK dapat bergabung dengan sekitar 120 WN Malaysia pada 30 November untuk elanjutnya diberangkatkan menuju Kunming, RRT. 

“Di sana sebuah pesawat charter yang difasilitasi pemerintah Malaysia telah menunggu untuk menerbangkan mereka ke Kuala Lumpur,” ujarnya.

Setiba di Malaysia,  ujarnya, FK diterima oleh KBRI Kuala Lumpur dan langsung melanjutkan perjalanan ke Medan pada pukul 10 waktu setempat dengan penerbangan komersil. “Saudara FK  tiba di Medan pada 1 Desember 2023,” ujarnya.

Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Malaysia. Pemerintahan negara tetangga itu telahh memfasilitasi evakuasi FK, WN Indonesia.

Diketahui, Laukkaing merupakan kota di wilayah utara Provinsi Shan, Myanmar dimana banyak terdapat perusahaan perjudian online. Keberadaan FK di Laukkaing terkonfirmasi sebagai pekerja di sektor tersebut.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan