Breaking News
---

Lima Bendungan Siap Diresmikan Awal 2024, Ini Daftarnya

Sebanyak lima bendungan Proyek Strategis Nasional (PSN) siap diresmikan di awal tahun 2024. Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra.S Atmawijaya diJakarta,Kamis ( 7/12/23).

Lima Bendungan Siap Diresmikan Awal 2024, Ini Daftarnya

"Lima bendungan yang siap diresmikan di awal 2024 yaitu Bendungan Karian, Cipanas, Sepaku Semoi, Tiu Suntuk, dan Lolak. Ini merupakan upaya menambah tampungan air di berbagai wilayah untuk ketahanan air dan pangan kita." kata Endra.

Menurut Endra, Bendungan juga dimanfaatkan untuk mitigasi terhadap dampak perubahan iklim. Sekaligus  tampungan air disaat musim kemarau.

Bendungan Karian dengan kapasitas tampung 314.7 juta m3 akan menambah suplesi ke Daerah Irigasi (DI) Ciujung dengan luas 22.000 hektare. Bendungan Karian akan menyediakan air baku untuk rumah-tangga, dan industri di 9 kota/kabupaten, Jakarta serta Banten.

Selanjutnya Bendungan Cipanas diproyeksikan untuk menambah suplai air irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Indramayu seluas 9.273 hektare. Khusus di Daerah Irigasi (DI) Cipanas, Cikawung, dan Cibunut. Bendungan Cipanas juga diharapkan dapat memenuhi air baku.

Bendungan Sepaku Semoi siap diresmikan dan difungsikan untuk penyediaan air baku di kawasan IKN. Bendungan Sepaku Semoi juga memiliki kemampuan reduksi banjir untuk Kawasan IKN dan Kecamatan Sepaku.

Bendungan Tiu Suntuk  di Sumbawa Barat dibangun sejak Februari 2020 dengan biaya sebesar Rp1,22 triliun.  Bendungan Tiu Suntuk nantinya mampu menyuplai air baku sebesar 68 liter/detik, serta memiliki potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM).

Bendungan Lolak memiliki luas area genangan 97,5 hektar, yang direncanakan saat beroperasi untuk memasok air irigasi seluas 2.214 hektar. Bendungan Lolak mendukung penyediaan air baku 500 liter/detik, pariwisata, konservasi air dan memiliki potensi tenaga listrik 2,43 megawatt.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan