*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Rekrutmen KPPS di Mulai 11 - 20 Desember, Tempuran Butuh 1.428 Anggota !

Rekrutmen anggota KPPs akan di mulai pada 11-20 Desember 2023 mendatang. Penyelenggara pemilu di tingkat TPS yang akan di gaji Rp1,2 juta untuk jabatan ketua dan Rp1,1 juta untuk anggotanya itu, akan di seleksi secara khusus setiap PPS dan PPK setempat sesuai aturan dan persyaratan. 
Foto : Karna, Ketua PPK Kecamatan Tempuran, Karawang


Ketua PPK Tempuran, Karna mengatakan, untuk menyempurnakan petugas pemilu di 204 TPS se Kecamatan, di butuhkan 1.428 anggota KPPs dan 408 Pengamanan Langsung (Pamsung) anggota Linmas. Jumlah ini, sebutnya, tentu cukup banyak, mrngingkat jumlah penduduk dan jumlah desa sebarannya di Kecamatan Tempuran cukup tinggi. Karenanya, dengan bermodalkan ijasah lulusan SLTA/sederajat dan KTP, masyarakat bisa mendaftar ke PPS Desa masing-masing dengan lintas latar belakang apapun, baik PNS, PPPK, Tokoh dan masyarakat umum untuk kemudian di seleksi administratif.

"Kita butuh 1.428 anggota KPPS untuk menggawangi pemilu di 14 Desa se Kecamatan Tempuran. Jumlah ini tentu sangat banyak, sehingga jika masyarakat sepi peminat, akan ada perpanjangan selama 2 hari dan hingga 28 Desember. Jikapun masih belum sempurna, maka ditetapkan bisa untuk melakukan penunjukan, " Ujarnya.

Karna menambahkan, selama rekrutmen di gelar, betapapun sudah ada sosialisasi baik oleh KPU, PPK maupun PPS, memungkinkan masih ada potensi kendala sepinya peminat, apalagi jumlahnya sangat banyak. Karenanya, ia tekankan agar masyarakat jangan terpengaruh isu-isu negatif seperti pengalaman tahun sebelumnya yang banyak anggota kelelahan dan meninggal dunia. 

"Kerjanya fleksibel sih, karena dalam satu kegiatan saja. Honornya juga naik, dimana saat ini ketua KPPS jadi Rp1,2 juta dan anggota Rp1,1 jutaan, sementara Pamsung Rp700 ribu. Kita berharap, Tempuran yang akan gelar pemilu serentak dengan 49.104 jumlah DPT, bisa tertib, aman dan lancar di setiap tahapannya, " Pungkas Karna. (Rd)