Setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Juang Kartika TNI AD. Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat merupakan peringatan terkait peristiwa Palagan Ambarawa atau biasa disebut sebagai Hari Infanteri.

Foto ilustrasi

Mengutip dari situs resmi Kemendikbud, Pertempuran Ambarawa merupakan upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Yang saat itu terjadi pada tanggal 20 November sampai 15 Desember 1945.

Saat itu terjadi pertempuran antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang didukung rakyat Indonesia melawan pasukan Sekutu Inggris. Ambarawa menjadi daerah strategis hingga kemudian dijadikan rebutan.

Jika Ambarawa jatuh ke tangan Sekutu, maka Yogyakarta dan Surakarta menjadi sasaran daerah selanjutnya. Pertempuran Ambarawa dimulai ketika ada insiden di Magelang setelah mendaratnya Brigade Artileri Divisi India ke-23 di Semarang.

Kejadian itu terjadi pada 20 Oktober 1945. Mereka masuk ke wilayah RI untuk menangani masalah tawanan perang.

Yang mana saat itu adalah bangsa Belanda yang sedang ditawan di penjara Ambarawa dan Magelang. Namun, kedatangan pasukan Sekutu Inggris disusupi oleh orang-orang NICA yang kemudian mempersenjatai bekas tawanan itu.

Hingga kemudian terjadi pertempuran antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan pasukan gabungan Sekutu Inggris dan NICA. Begitulah sejarah awal diperingatinya Hari Kartika TNI AD yang tepat diperingati hari ini.(*)