GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Semprot Pestisida Sawah, Petani di Cilamaya Wetan Siap-Siap di Periksa Cholinesterase Demi Kesehatan

Sejumlah petani, lebih dari 3 kali melakukan penyemprotan lahan sawahnya dengan obat kimia pestisida. Bahkan, dominasi diantara mereka, jarang menggunakan Alat Pengaman Diri (APD) yang super lengkap saat tengah pengendalian hama. 

Kontaminasi pestisida yang terhirup selain berdampak meracuni tubuh, juga bisa merusak fungsi liver dan ginjal. 
Foto : Penggunaan APd Saat Melakukan Penyemprotan Penting Deni kesehatan para petani dari ancaman Kimia Pestisida yang terhirup

"Kita akan kumpulkan sekitar 40 petani penggarap yang sering semprot sawah, yang pertama 4 desa dulu, yaitu Desa Cikarang, Cikalong, Cilamaya dan Mekarmaya, mereka akan di periksa sampel darah Enzime Cholinesterase, karena khawatir yang terdeposit racun yang berefek pada fungsi ginjal dan liver, " Kata Kepala Puskesmas Cilamaya dr Ahmad Qodir, Selasa (19/12/2023).

Selain di berikan obat, sebut Dr Ahmad Qodir, para petani ini akan di beri obat anti racun dan Alat Pelindung Diri (APD), sehingga saat melakukan penyemprotan, alat ini membantu mencegah kontaminasi kimia pestisida yang berbahaya. 
"Selain di periksa dan di beri obat, para petani juga akan di beri APD, ini merupakan program akhir tahun kami di kesehatan, " Ungkapnya. 

Senada dikatakan Kepala Puskesmas Tempuran, Anwar Sanusi S.Km. ia membenarkan bahwa dalam akitvitas pertaniannya, para petani sering melakukan penyemprotan pestisida untuk mengendalikan hama tanamannya, Pemeriksaan cholinesterase juga berguna untuk mendeteksi tingkat kontaminasi yang disebabkan oleh pestisida yang bekerja dengan cara menghambat enzim cholinesterase. Pestisida ini, dapat meracuni manusia atau hewan ternak melalui mulut, kulit, dan pernafasan. Sering tanpa disadari bahan kimia beracun tersebut masuk ke dalam tubuh seseorang tanpa menimbulkan rasa sakit yang mendadak dan mengakibatkan keracunan kronis tentunya berbahaya bagi kesehatan seseorang. 

"Cara periksanya adalah lewat sampel darah, " Pungkasnya (rd)

Komentar0