Breaking News
---

Tren Kenaikan Covid-19 Muncul Jelang Libur Nataru

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat adanya kenaikan kasus Covid-19 jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Hal itu dikonfirmasi oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi

Nadia melihat bahwa ada tren kenaikan kasus menjelang libur Nataru. Ia juga mengungkapkan, cakupan vaksinasi dosis keempat atau booster kedua masih sangat rendah dalam skala nasional.

"Ada (tren kenaikan kasus). Cakupan vaksinasi sekitar dua persen untuk booster kedua," ujar Nadia, Rabu (13/12/2023).

Terbaru, total keseluruhan kasus Covid-19 per 12 Desember 2023 sebanyak 6.809.353 kasus. Data yang dihimpun dari laman resmi Kemenkes itu menunjukkan adanya penambahan kasus sebesar 296.

Sementara itu, Dinas Kesehatan DKI menyatakan, saat ini cakupan dosis empat baru tercapai 10 persen. "Sekitar 8,4 juta orang target pemberian dosis 1-4 usia 18 tahun ke atas di DKI Jakarta," ujar Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ngabila Salama.

Ngabila berujar, lebih baik terlambat vaksinasi daripada tidak sama sekali. Sebab, menurutnya vaksinasi terbukti efektif untuk memcegah keparahan dan kematian Covid-19 terutama pada kelompok beresiko.

"Prinsip vaksinasi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Fasilitas kesehatan di DKI Jakarta bisa menyuntikkan warga dengan KTP seluruh Indonesia," ujarnya.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan