*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Akibat Tuduhan Israel, Italia Hentikan Bantuan untuk Palestina

Negara barat menghentikan bantuan untuk badan PBB untuk urusan pengungsi Palestina, UNRWA. Negara terbaru adalah Italia yang mengikuti jejak Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

Akibat Tuduhan Israel, Italia Hentikan Bantuan untuk Palestina

Mereka menuduh beberapa staf UNRWA terlibat dalam serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 lalu. Ini yang memicu perang sampai saat ini. 

"Italia menangguhkan pendanaan untuk UNRWA setelah serangan brutal Hamas ke Israel pada 7 Oktober. Negara-negara sekutu baru-baru ini mengambil keputusan yang sama," kata Menlu Italia, Antonio Tajani seperti dilansir Reuters, Minggu (28/1/2024).​

Sebelumnya Israel membagikan data kepada UNRWA. Mengenai dugaan keterlibatan staf badan tersebut dalam serangan Hamas. 

Sementara itu Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini mengatakan para pekerja UNRWA yang diduga terlibat akan dipecat. Serta diadili jika terbukti bersalah.

Usai respon tersebut Amerika dan Kanada langsung menangguhkan semua pendanaan untuk UNRWA sambil melakukan evaluasi. Australia juga menyusul mengikuti langkah tersebut.​

Sekjen Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Hussein Al Sheikh memperingatkan, penghentian bantuan untuk UNRWA akan mengandung risiko besar. "Kami menyerukan kepada negara-negara yang mengumumkan penghentian dukungan mereka terhadap UNRWA untuk segera membatalkan keputusan ini," ucapnya.(*)