Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan sebanyak 15 investor dalam negeri akan melakukan peletakkan batu pertama (groundbreaking). Hal ini sekaligus mengawali momentum melanjutkan pekerjaan di awal tahun 2024 ini.

Awal 2024, 15 investor akan 'Groundbreaking' di IKN

"Di tahun 2024 kami akan mengawali dengan grounbreaking lagi kemungkinan dilaksanakan antara Januari-Februari. Sudah terdapat 15 investor menyiapkan diri," kata Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono dalam keterangannya ditulis, Selasa (2/12/2024).

Agung menjelaskan, groundbreaking pada awal 2024 tersebut merupakan upaya dan komitmen mewujudkan IKN sebagai kota hijau dan cerdas. "Ini menunjukkan bahwa kami terus bergerak cepat di 2024 dengan groundbreaking mewujudkan IKN sebagai kota hijau dan cerdas," katanya.

Diakatakan, sebanyak 15 pihak yang berencana untuk melakukan groundbreaking pada awal tahun depan berasal dari dalam negeri. Meliputi lembaga negara, konsorsium, yayasan, dan investor swasta.

Groundbreaking terdiri dari dua jenis yakni proyek ramah lingkungan (green project) dan groundbreaking dilakukan investor swasta serta lembaga negara. Untuk green project akan dilakukan groundbreaking proyek botanical garden.

Hal itu akan dilakukan Konsorsium Nusantara. Selanjutnya, peluncuran Pulau Suaka Orang Utan oleh Yayasan Arsari Djojohadikusumo.

Kemudian, untuk rencana groundbreaking lembaga negara dan investor swasta pada awal 2024. Antara lain Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait proyek pembangunan gedung kantor.

Selanjutnya, proyek gedung kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), proyek gedung BPJS Kesehatan, dan proyek gedung kantor PLN. Ada juga, proyek perkantoran/bank Mandiri, dan proyek hotel dari Jambuluwuk.

Ditambah lagi, proyek hotel bintang 5 dan convention center dari Royal Golden Eagle (RGE). Terakhir, groundbreaking proyek mixed used Indogrosir.

Sedangkan, rencana groundbreaking proyek hunian hijau, hotel, lapangan golf dari Ciputra, proyek perkantoran/Bank BCA, dan proyek showroom furniture.

"Berlanjut, groundbreaking proyek kawasan pergudangan Sinar Primera. Dan terakhir groundbreaking proyek mixed used dari GrandLucky Superstore," ujar Agung.

Agung menjelaskan, UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara menyatakan bahwa pembangunan IKN menjadi mesin penggerak perekonomian bagi Kalimantan. Selain itu, menjadi pemicu penguatan rantai nilai domestik di seluruh Kawasan Timur Indonesia. 

"Pembangunan IKN menempatkan Indonesia dalam posisi lebih strategis dalam jalur perdagangan dunia. Termasuk aliran investasi dan inovasi teknologi," ujarnya.(*)