*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Basarnas Evakuasi Korban Tabrakan Kereta Api di Bandung

Tim Rescuer Basarnas Bandung melakukan evakuasi korban kecelakaan keteta api di Cicalengka, Kabupaten Bandung. Terdiri dua tin yang dibentuk untuk melakukan korban kecelakaan antara Kereta Api Turangga dan KA Bandung Raya. 

Foto : Lokasi Tabrakan kereta api di Bandung

“Saat ini tim kami melaksanakan evakuasi terhadap korban kecelakaan Kereta Api. Tim kami melaksanakan evakuasi dengan menggunakan alay ekstraksi,” kata Kepala Basarnas Bandung, Hery Marantika dalam keterangan tertulis, Jumat (5/1/2024). 

Tim pertama, kata Heru, bertugas melakukan evakuasi di tempat kejadian perkara (TKP). Sementara, tim kedua bertugas melakukan pendataan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cicalengka. 

“Kami saat ini masih melakukan pendataan terkait jumlah korban,” kata Hery. Sebelumnya, Basarnas Bandung menerima informasi peristiwa kecelakan kereta api di Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada pukul 06.30 WIB. 

Jumlah penumpang Kereta Api Bandung Raya sebanyak 106 orang. Sedangkan jumlah penumpang Kereta Api Turangga sebanyak 54 orang.

Sementara pihak Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyampaikan rasa prihatin dan duka cita mendalam atas peristiwa kecelakaan kereta api di Bandung. Kecelakaan terjadi di kecamatan Cikuya, Cicalengka, Bandung pada lintas Cicalengka-Haurbugur KM 181+700, Jumat (5/1/2024) pukul 6.03 WIB.


"Kami menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya hal ini dan tentunya juga mengganggu layanan perkeretaapian khususnya di Jawa Barat. Insiden ini melibatkan kereta api Turangga dengan kereta api commuter line Bandung Raya," ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan RI, Adita Irawati, Jumat (5/1/2024).

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian, telah menurunkan tim evakuasi bersama stakeholder terkait. Tim ini dibentuk untuk segera melaksanakan evakuasi korban maupun evakuasi gerbong.

Pihaknya berharap, dengan begitu layanan kereta api lokal dan jarak jauh dapat kembali seperti semula. Adita mengatakan, informasi lebih lanjut akan disampaikan sesegera mungkin terkait insiden KA lokal tersebut.

"Dalam kesempatan ini kami juga mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat agar evakuasi dapat segera dituntaskan. Agar kami dapat segera memberikan penjelasan lebih lanjut yang lebih menyeluruh lagi kepada masyarakat," ucap Adita.

Sebelumnya diberitakan, KA Lokal dan KA Jarak Jauh Petak Jalan Haurpugur, Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat terlibat tabrakan. Kecelakaan dua kereta tersebut terjadi pada Jumat 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB.

Berdasarkan video yang diterima, dua kereta api tersebut tampaknya rusak parah hingga keluar dari rel kereta hingga ke tengah sawah. Sementara, diduga terdapat tiga korban jiwa yakni masisnis dan asisten masinis. (*)

Komentar0