GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Batasi Rempah Ini yang Ternyata Buruk bagi Kulit jika Berlebihan

Tak hanya menjadi bumbu masakan, rempah-rempah juga kerap dikonsumsi sebagai obat herbal. Namun, ada beberapa jenis rempah yang bahkan buruk bagi kulit.

Indonesia diketahui sebagai negara yang kaya akan rempah. Rempah-rempah ini kerap dijadikan bumbu untuk masakan atau racikan minuman herbal untuk pengobatan tradisional.

Rempah-rempah juga diketahui mengandung antioksidan yang tinggi, dan banyak dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh. Dilansir dari Food NDTV, berikut sederet rempah-rempah yang buruk bagi kulit, antara lain:

1. Cabai

Cabai di Indonesia sangat umum digunakan untuk memasak. Tak hanya rasa pedasnya, cabai juga bisa bermanfaat untuk diet, karena kandungan vitamin C-nya dapat membantu detoksifikasi.

Sayangnya, cabai juga memiliki efek buruk bagi kesehatan, termasuk kulit. Hal ini dikarenakan cabai memiliki kandungan aflatoksin yang dapat menyebabkan ruam, iritasi kulit, dan lainnya.
Foto ilustrasi : Rempah Kayu Manis

2. Kayu Manis

Kayu manis umumnya dijadikan campuran bahan kue atau minuman hangat. Khasiat rempah ini juga sudah terkenal, sayangnya tidak untuk kulit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition menyatakan bahwa hipersensitivitas kayu manis relatif umum terjadi. Sehingga, menyebabkan sensasi kesemutan pada kulit, ruam, dan lainnya.

3. Mustard

Mustard atau moster awalnya berupa biji-bijian yang asalnnya dari tanaman sesawi. Kemudian, biji tersebut diolah menjadi saus yang kini populer.

Sebenarnya, mustard juga mengandung sejumlah zat antioksidan yang membantu dalam mencegah stres oksidatif dan peradangan sel. Namun, efek buruk biji mustard ini dapat dirasakan pada kulit.

Sebuah penelitian yang ditawarkan dalam Journal of Dermatology menemukan bahwa terdapat beberapa senyawa dalam mustard yang buruk bagi kesehatan kulit. Mustard ini bisa menyebabkan masalah seperti dermatitis atau peradangan pada kulit yang menimbulkan ruam dan gatal.

4. Cengkeh

Cengkeh kerap dijadikan bumbu masakan di Indonesia. Rempah satu ini juga telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda.

Namun, cengkeh ternyata buruk bagi kesehatan kulit. Minyak cengkeh dapat menimbulkan iritasi atau sensasi terbakar jika bersentuhan dengan kulit.

5. Bawang Putih

Bawang putih juga dikenal sebagai rempah yang menyehatkan, karena mengandung zat anti-inflamasi dan antioksidan. Sayangnya, bawang putih memiliki efek buruk pada kulit.

Disebabkan karena bahan kimia yang disebut allicin. Zat ini dapat menyebabkan kerusakan kulit mirip dengan luka bakar.(*)

Komentar0