*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

BMKG Identifikasi Banjir Rob di Jakarta Akhir Januari

BMKG mengidentifikasi adanya potensi banjir pesisir (rob) dan peningkatan curah hujan intensitas sedang-lebat pada 21-27 Januari 2024. Fenomena ini disebabkan adanya fase bulan purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

BMKG Identifikasi Banjir Rob di Jakarta Akhir Januari

Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai. Banjir rob secara khusus diartikan sebagai banjir yang diakibatkan oleh air laut yang menggenangi daratan yang lebih rendah

Puncak pasang air laut di Jakarta maksimum terjadi pada pukul 07.00 - 11.00 WIB. Adapun lokasi yang terdampak Rob meliputi wilayah pesisir, Kamal Muara, Kalau Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, Kalibaru, dan Muara Angke.

Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem. Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112. Pemprov Jakarta terus memantau potensi banjir rob.(*)

Komentar0