Breaking News
---

BNPB Beri Bantuan Dana Operasional Usai Banjir Jambi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan dana operasional senilai Rp250 juta usai banjir Provinsi Jambi. Penyerahan bantuan ini masuk dalam rangkaian rapat oleh sejumlah stakeholder terkait. 

BNPB Beri Bantuan Dana Operasional Usai Banjir Jambi

“Total jumlah bantuan yang diberikan kami berupa dana operasional senilai Rp250 juta kepada masing-masing kabupaten/kota terdampak. Bantuan logistik dan peralatan diberikan seperti satu unit tenda pengungsi, 500 lembar selimut, 500 paket hygine kit, 500 paket sembako, 500 paket makanan siap saji, dan 500 botol sabun cair,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari saat dikonfirmasi, Jumat (26/1/2024). 

Lebih lanjut, ia menjelaskan intensitas hujan di Provinsi Jambi saat ini memasuki kategori menengah hingga tinggi pada periode 1 Januari hingg 1 Febuari 2024. Provinsi Jambi telah menetapkan status keadaan darurat bencana hidrometeorologi di wilayah Provinsi Jambi hingga 30 April 2024.

“Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di Provinsi Jambi yakni 10 kabupaten dan kota terdampak. Ada 87 kecamatan dan 575 desa/kelurahan di seluruh wilayah Provinsi Jambi,” ucapnya. 

Selain itu, ia menyebut kerugian materil dan nonmateril sebanyak 226.033 warga terdampak dan 22.971 unit rumah warga. Kemudian, sebanyak 342 fasilitas pendidikan, 65 fasilitas kesehatan, 59 rumah ibadah, dan 2.859 lahan pertanian terendam banjir.

Hinggat saat ini, kata dia, BPBD Jambi sudah melakukan berbagai upaya penanganan dan pemantauan kondisi cuaca. Selanjutnya, menyiagakan peralatan, melakukan PDB (Pos Darurat Bencana) serta menyiapkan dan mendistribusikan kebutuhan logistik untuk warga terdampak.(*)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan