GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Cek Penyaluran Bantuan Pangan, Presiden: Jika APBN Mencukupi, Akan Dilanjutkan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terus memastikan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) tersalurkan kepada penerima manfaat. Hal tersebut terlihat dalam kunjungannya ke Gudang Bulog Munjung Agung, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu (03/01/2024).

Presiden Jokowi

“Saya ingin menanyakan, semuanya sudah dapat yang 10 kilo? Sudah dipegang semuanya?” tanya Presiden kepada para penerima manfaat yang hadir dalam kesempatan tersebut.

“Sudah pak,” jawab mereka serentak.

Adapun masyarakat yang hadir di sana diketahui merupakan penerima manfaat tambahan. Oleh karenanya, bantuan pangan yang mereka peroleh pada kesempatan tersebut merupakan yang pertama.

“Yang paling penting Januari sudah diterima, nanti akan dapat lagi di bulan Februari, akan dapat lagi di bulan Maret,” ucap Presiden.

Kepala Negara pun menyatakan kepada para penerima manfaat bahwa bantuan serupa akan diupayakan pemerintah untuk dilanjutkan hingga bulan Juni mendatang. Namun, Presiden menyebut hal tersebut akan disesuaikan dengan kondisi APBN.

“Nanti kalau APBNnya saya lihat mencukupi, dilanjutkan lagi ke April, Mei, Juni, setuju mboten?” ucapnya.

Masyarakat yang menerima bantuan tersebut pun berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah tersebut. Salah satunya Zaenal Abidin, dirinya mengatakan bahwa bantuan tersebut akan digunakan untuk membantu keluarganya.

“Ini baru yang pertama, buat anak. Sama buat (membantu) keluarga,” imbuhnya.

Sementara itu, masyarakat lainnya bernama Nur, bersyukur jika perpanjangan bantuan serupa bisa terwujud. “Pertama mas, dapat 10 kilo. Alhamdulillah (mau diperpanjang),” tandasnya.

Sebagai bahan informasi lain, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga meresmikan enam jembatan yang menggantikan Jembatan Callendar Hamilton (CH) di lintas utara Jawa. Presiden menyebut pembangunan jembatan tersebut dikarenakan jembatan-jembatan sebelumnya telah melebihi usia layanannya.

“Setelah kemarin di lintas selatan kita resmikan tiga jembatan sebagaj pengganti tiga Jembatan Callendar Hamilton, pada sore hari ini juga di lintas utara kita resmikan enam jembatan sebagai pengganti jembatan callendar hamilton yang sudah lebih dari 40 tahun usia layanannya,” ucap Presiden dalam sambutan peresmiannya di Jembatan Pemali, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu  (03/01/2024).

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyebut penggantian tersebut juga dikarenakan jembatan sebelumnya dinilai sudah tidak layak pakai. Selain itu, beban yang melintasi jembatan-jembatan tersebut juga makin bertambah sehingga diperlukan penggantinya.

“Perlu pengganti yang baru sehingga bebannya menjadi lebih baik dan mobilitas orang, mobilitas barang, mobilitas logistik itu bisa berjalan dengan cepat di atasnya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara menyebut biaya yang digunakan dalam pembangunan keenam jembatan tersebut yakni senilai Rp292 miliar. “Dan total investasi 705 miliar rupiah,” sambungnya.

Adapun enam jembatan yang diresmikan oleh Presiden pada kesempatan tersebut adalah Jembatan Pemali Brebes B dan Jembatan Pedes B yang masing-masing berada di Kabupaten Brebes, Jembatan Kalibanger A di Kota Semarang, Jembatan Wonokerto IIA di Kabupaten Demak, Jembatan Juana IA di Kabupaten Pati, dan Jembatan Pang I di Kabupaten Rembang.

Turut mendampingi Presiden antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanyo, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Pj. Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar.(*)

Komentar0