GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Curhatan Pengungsi Korban Banjir : Cape Hate, Pamarentah Kedah Cari Solusi Banjir !

Banjir masih merendam ribuan rumah di Kampung Bojong Asih Desa Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.

Banjir Bandung

Meski ketinggian muka airnya sudah mulai menyusut, namun sebanyak 25 Kepala Keluarga sampai saat ini terpaksa masih bertahan di tempat pengungsian yang terletak di belakang kantor desa Dayeuhkolot.

" Ini hari kedua banjir, sampai saat ini ada 25 KK, 78 jiwa, kemudian 5 orang lansia dan 2 orang disabilitas yang masih mengungsi," terang Kepala Desa Dayeuhkolot, Yayan Setiana, Sabtu (13/1/2024).

Yayan memastikan, kebutuhan dasar para pengungsi terpenuhi dari mulai makan dua kali sehari dan pemeriksaan kesehatan rutin setiap hari dari petugas Puskesmas Dayeuhkolot Sementara itu Ibu Ita (50) salah seorang pengungsi mengaku untuk kebutuhan dasar seperti makanan sudah terpenuhi.

" Upami tuang mah dua kali sadinten cekap. Paling anu peryogi mah susu sareng kayu putih kanggo murangkalih," kata Ibu Ita.

Meski kebutuhan sehari-hari terpenuhi, namun ibu Ita tidak bisa menyembunyikan derita di raut wajahnya.

" Nya kieu wae pak teu aya padamelan," akunya ketika ditanya apa aktivitasnya selama dua hari tinggal di pengungsian. Kesel pak, cape hate. Mugia wae atuh pamarentah teh enggal aya solusi anu sae supados teu banjir deui. Bosen pak," ujar Ibu Ita lirih.(*)


Komentar0