GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Berikut Tiga Orang Korban Meninggal Dunia Akibat Tabrakan KA

Polda Jawa Barat menyampaikan setidaknya ada puluhan korban luka-luka akibat kecelakaan kereta api di Bandung. Disebutkan ada tiga korban jiwa meninggal dunia akibat kejadian tersebut. 

Dalam keterangan tertulis yang diterima, 28 korban luka-luka dilarikan ke RSUD Cicalengka. "Korban luka-luka sebanyak 28 orang di evakuasi ke RSUD Cicalengka," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo dalam keterangan tertulis, Jumat (5/1/2024). 

Foto Kereta Api Tabrakan

Sementara itu berdasarkan laporan terkini, korban meninggal dunia merupakan seorang masinis, asisten masinis dan pramugara. Tiga korban tabrakan KA tersebut masing-masing

1. Masinis KA KRD Lokal Padalarang Cicalengka a.n Julian Dwi setiono

2. Asisten Masinis KA KRD Lokal Padalarang - Cicalengka a.n Ponisan 

3. Pramugara KA Turangga a.n Andrian 22thn 

Polda Jabar menyebutkan penumpang di KA Turangga sebanyak 287 orang. Sementara di kereta api KRD Lokal Padalarang sebanyak 191 orang. 

Sebelumnya diberitakan, KA Lokal dan KA Jarak Jauh Petak Jalan Haurpugur, Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat terlibat tabrakan. Kecelakaan dua kereta tersebut terjadi pada Jumat 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB. 

Berdasarkan video yang diterima, dua kereta api tersebut tampaknya rusak parah hingga keluar dari rel kereta hingga ke tengah sawah. Sementara, diduga terdapat tiga korban jiwa yakni masisnis dan asisten masinis. 

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi membenarkan terjadi kecelakaan dua kereta api. Ia juga mengatakan kecelakaan tersebut melibatkan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya. 

"Kejadian pukul 06.03 WIB di petak Jalur Cicalengka-Haurpugu. Kecelakaan melibatkan KA Turangga dan KA Lokal," kata Ayep, Jumat (5/1/2024).

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub RI diterjunkan ikut mengevakuasi kecelakaan KA Turangga dengan KA Commuter Line Bandung Raya. Kemenhub mengucapkan duka cita, kepada para korban yang mengalami kecelakaan di lintas Haurpugur-Cicalengka, Jumat (5/1/2024) pukul 06.03 WIB.

"DJKA turunkan tim evakuasi insiden di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Bandung, pada lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700. Yakni tanggal 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal.

PT KAI Daop 2 Bandung mencatat sebanyak empat orang yang menjadi korban dari kecelakaan Kereta Api (KA) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Keempat korban tersebut saat ini dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cicalengka, Bandung, Jawa Barat. 

“Lima unit mobil ambulans dikerahkan untuk membawa para korban ke RSUD Cicalengka. Saat ini keempat korban dibawa ke RSUD Cicalengka," kata Manajer Humas KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanepi saat dikonfirmasi, Jumat (5/1/2024). 

Sementara, Ayep mengatakan, seluruh penumpang di bawa ke Stasiun Cicalengka yang merupakan stasiun terdekat. Ia juga memastikan tidak ada penumpang yang tersisa di lokasi kecelakaan. 

“Semua penumpang sudah di bawa ke Stasiun terdekat dari lokasi kecelakaan yakni Stasiun Cicalengka. Tidak ada penumpang di lokasi kecelakaan,” ujar Ayep. 

Perlu diketahui, terjadi kecelakaan antara Kereta Api Turangga dan Kereta Api Commuter Line Bandung Raya (Baraya) di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Kecelakaan ini terjadi pada Jumat (5/1/2024) pukul 06.03 WIB. (*)

Komentar0