*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Fordas Cilamaya Sebut Bappeda Jabar Minim Support Data

Komunitas Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Cilamaya Berbunga gelar audensi dengan Bappeda Provinsi Jawa Barat di awal tahun 2024 ini. Mereka, fokus pada persoalan bagaimana perkembangan Dokumen Rencana Aksi Satgas PPK DAS Cilamaya dimana itu tertuang dalam amanah Peraturan Gubernur Nomor 45 tahun 2022 Pasal 2 ayat 3).
Sayangnya, Bappeda provinsi Jawa Barat minim Support data dari dinas terkait, agar Peraturan Gubernur Dokumen Rencana Aksi Satgas PPK DAS Cilamaya cepat terlaksana. 

"Kami dari fordas akan membantu memberikan Support data mengenai kondisi Sungai Cilamaya yang pernah terpotret pada tahun 2021," Ungkap Anggota Presidium Fordas Cilamaya, Asifatoni, Jumat (18/1/2023).
Foto : Fordas Cilamaya saat bersama Pejabat Bappeda Jawa Barat

Ada kesepahaman dan persetujuan dalam rapat, dimana terdapat 7 points yang disetujui bersama Bappeda, ia merinci diantaranya adalah Dokumen Rencana Aksi Satgas PPK DAS Cilamaya yang akan diselesaikan pada bulan Juni (Semester 1), sebenarnya sudah molor 3 tahun lebih mengenai dokumen ini.

Kemudian, DLH Jawa Barat berkirim surat kepada Biro Hukum Provinsi Jawa Barat untuk memastikan Komandan Satgas PPK DAS Cilamaya, agar mendapatkan kepastian hukum dan ketetapan hukum.

"Kemudian BBWS agar menyampaikan ke pihak ke-3 untuk memperhatikan keamanan dan keselamatan warga sekitar, " Ungkapnya.

Poin lainnya, sebut Toni adalah meminta  BBWS harus memperhatikan infrastruktur di DAS Cilamaya, setelah terbitnya Peraturan Gubernur Nomor 45 tahun 2022 dan mensukseskan program Sungai Cilamaya Berbunga (Bersih Indah dan Berdayaguna) juga Mempertimbangkan untuk memasukkan unsur kepariwisataan dalam Rencana Aksi Satgas PPK DAS Cilamaya. Selain itu, Konservasi wilayah Hulu agar menjadi perhatian dari pihak terkait khususnya Dinas Kehutanan juga menjadi pointer yang di sampaikan, selain juga diperlukannya sistem informasi untuk pelaporan  program dan kegiatan Satgas PPK DAS Cilamaya.

"Semoga hadirnya keberkahan dan kebermanfaatan untuk saudara cosmic yaitu lingkungan, " pungkasnya. (Rd)

Komentar0