*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Gabriel Attal Resmi Jadi Perdana Menteri Termuda Prancis

Presiden Prancis Emmanuel Macron resmi menunjuk Gabriel Attal sebagai perdana menteri (PM). Attal resmi menggantikan Elisabeth Borne.

Gabriel Attal Resmi Jadi Perdana Menteri Termuda Prancis

Attal resmi menjadi kepala pemerintahan termuda pertama di Prancis karena baru berusia 34 tahun. Ia bergabung dengan Partai Sosialis ketika berusia 17 tahun. 

Attal menjadi terkenal di sektor politik Prancis setelah ditunjuk sebagai juru bicara pemerintah selama pandemi Covid-19. Ia lalu ditunjuk sebagai menteri junior di Kementerian Keuangan dan lalu jadi Menteri Pendidikan tahun 2023. 

Posisi tersebut menjadikan Attal sebagai salah satu menteri termuda dan tercerdas serta komunikator terlancar di kabinet Macron. Attal sendiri menilai pengangkatannya itu sebagai simbol 'keberanian dan gerakan'. 

Hal itu disampaikannya saat mengambil alih jabatan Borne di upacara resmi di kediaman perdana menteri Matignon di Paris. Ia menilai, Prancis akan identik dengan transformasi dan keberanian. 

"Prancis tidak akan pernah identik dengan kemunduran, akan identik dengan transformasi. Prancis akan identik dengan keberanian," katanya. 

Presiden Macron mengharapkan, Attal mengembalikan semangat perubahan yang berani. Khususnya sejak Macron pertama kali menjabat di tengah harapan reformasi radikal di tahun 2017. (*)

Komentar0