*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Hasil Indonesia Vs Irak, Skuad Garuda Takluk 1-3

Indonesia takluk 1-3 dari Irak pada pertandingan pertama Grup D Piala Asia 2023. Bertanding di Stadion Ahmad bin Ali, Senin (15/1/2024) malam WIB, Skuad Garuda memberikan perlawanan sengit, meski harus takluk dari Singa Mesopotamia.

Laga baru berjalan dua menit, Elkan Baggot mendapatkan kartu kuning karena tekel kepada Hussein Haydar Ali. Kartu kuning pada awal pertandingan ini jadi peringatan keras bagi Indonesia.

Hasil Indonesia Vs Irak, Skuad Garuda Takluk 1-3

Indonesia memiliki peluang emas dari Marselino Ferdinan pada menit kelima. Namun sayang, tendangan Marselino masih membentur mistar gawang Irak.

Sayangnya, kelengahan terjadi di menit ke-17, Tim Merah Putih gagal mengantisipasi serangan dan membuang bola dengan bersih. Ali bisa bergerak bebas menusuk pertahanan Indonesia dan dengan tenang menaklukkan Ernando.

Tertinggal tak membuat Indonesia menyerah. Hasilnya, Marselino Ferdinan bisa menyamakan skor menjadi 1-1.

Di menit ke-37, Marselino bisa menyelesaikan umpan menyusur tanah dari sisi kanan, yang dilepaskan Yakob Sayuri. Dengan dingin, Marselino merobek gawang Irak.

Irak kembali unggul pada detik-detik akhir jelang babak pertama usai melalui Osama. Gol sempat diperiksa oleh VAR, namun tetap disahkan oleh wasit, skor 1-2 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Amir Fouad mencetak gol pada menit ke-50 usai menerima operan Mohanad Ali. Tendangan kaki kiri mendatar Amir mengarah mulus ke sisi kiri gawang Indonesia, namun wasit menganulir gol itu karena offside.

Indonesia memiliki peluang emas di menit ke-60 saat Marselino menerima umpan trobosan dari Rizky Ridho. Akan tetapi kontrol Marselino kurang baik, sehingga bisa ditangkap kiper lawan.

Setelah itu, Irak justru mampu mencetak gol ketiganya pada menit ke-75. Pemain pengganti Aymen Hussein membobol gawang Indonesia dengan tendangan setengah voli usai memenangi duel dengan Rizky Ridho.

Setelah gol ini pertandingan berjalan alot, kedua tim saling jual beli serangan meski belum membuahkan hasil. Laga Timnas Indonesia Vs Irak berakhir dengan skor 1-3.

Kekalahan ini membuat Indonesia untuk sementara menghuni posisi ketiga klasemen Grup D di atas Vietnam. Sementara Irak menghuni posisi kedua di bawah Jepang dengan koleksi tiga poin.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam (Witan Sulaeman 46'), Ivar Jenner, Justin Hubner, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Struick, Marselino Ferdinan

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Irak (4-2-3-1): Jalal Hasan; Saad Natiq, Hussein Ali, Ali Adnan, Merchas Doski; Osama Rashid (Youssef Amyn 71'), Amir Al-Ammari; Ibrahim Bayesh, Zidane Iqbal (Bashar Rasan 60'), Ali Jasim; Mohanad Ali (Aymen Hussein 60')

Pelatih: Jesus Casas

Komentar0