*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Ini 5 Khasiat Makan Sawi Putih bagi Kesehatan

Sawi putih merupakan salah satu sayuran yang paling sering diolah menjadi hidangan makanan yang lezat. Perlu diketahui bahwa tidak hanya enak, sayuran ini juga merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

Foto : Sawi putih

Tak sulit untuk mendapatkan sawi putih di Indonesia. Kamu sangat mudah mendapatkannya di pasar tradisional maupun supermarket. Tak hanya itu, harganya tergolong murah dan ukurannya besar.

Dilansir dari berbagai sumber, ini sederet khasiat sawi putih bagi kesehatan tubuh, sebagai berikut:

1. Rendah kalori dan kaya nutrisi

Sawi putih adalah sayuran rendah kalori. Dalam satu cangkir sawi yang telah dimasak hanya mengandung 20-25 kalori saja, tergantung bagaimana kamu mengolahnya.

2. Menjaga kesehatan otak

Sayuran ini bisa menjaga kesehatan otak berkat kandungan vitamin B6 (piridoksin). Senyawa ini berperan dalam beberapa proses biokimia yang terkait dengan fungsi otak

Vitamin B6 berfungsi menciptakan beberapa neurotransmiter penting, seperti serotonin, dopamine, dan norepinefrin. Neurotransmiter ini berperan dalam pengaturan suasana hati, motivasi, dan respon stres. 

Dengan mengonsumsi sawi, kamu bisa mendapatkan vitamin B6 yang membantu menjaga keseimbangan kimia otak. Tak hanya itu, senyawa tersebut juga berperan dalam metabolisme asam amino, yang merupakan komponen dasar protein.

Protein sangat penting dalam pembentukan dan pemeliharaan sel-sel otak. Dengan bantuan vitamin B6, tubuh dapat memproses asam amino dengan lebih efisien.

3. Menjaga kesehatan jantung

Sayuran ini juga mengandung serat yang bisa mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Konsumsi serat yang cukup dapat membantu menjaga pembuluh darah tetap bersih dan elastis, sehingga aliran darah tetap lancar.

Sawi putih juga mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel dan jaringan jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan lemak yang sangat rendah juga bisa mengurangi kadar lemak jenuh dalam tubuh. Lemak jenuh bisa meningkatkan risiko penyakit jantung jika kamu konsumsi secara berlebihan.

4. Menjaga berat badan tetap ideal

Sebagai makanan rendah kalori, sayuran ini memberikan rasa kenyang tanpa menambah banyak kalori. Hal ini membuatnya menjadi makanan yang baik bagi kamu yang ingin menjaga atau mengurangi berat badan.

Kamu bisa mengonsumsinya dalam porsi yang cukup besar tanpa khawatir mengonsumsi terlalu banyak kalori. Sawi putih juga tinggi serat sehingga membuat perut kenyang lebih lama.

Serat juga menekan nafsu makan sehingga kamu cenderung makan lebih sedikit. Kandungan lemak pada sawi putih juga sangat rendah, sehingga tidak akan meningkatkan berat badan kamu.

5. Menjaga kesehatan kulit

Sawi putih mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan kulit. Zat ini menjaga kelembaban dan elastisitas kulit, serta mendukung proses regenerasi sel-sel kulit.

Vitamin C pada sawi juga melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar matahari. Senyawa tersebut juga berperan dalam produksi kolagen, protein yang mendukung elastisitas dan kekencangan kulit.

Kandungan air yang tinggi dalam sawi putih juga membantu menjaga hidrasi kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik tampak lebih sehat dan bercahaya. Kulit yang terhidrasi juga menjadi kenyal dan lembut.(*)

Komentar0